Patroli Bhabinkamtibmas AIPDA Kornelius Jemarus Sosialisasikan Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja

Patroli Bhabinkamtibmas AIPDA Kornelius Jemarus Sosialisasikan Pencegahan TPPO, HPR, dan Kenakalan Remaja

Tribratanewsmanggarai.com-

Kecamatan Rahong Utara, 06 Maret 2024 - Aipda Kornelius Jemarus, seorang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan patroli dialogis dan sosialisasi pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), serta kenakalan remaja. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 06 Maret 2024, mulai pukul 10.00 hingga 11.30 Wita di Kampung Purang Desa Buar.

Dalam kunjungannya, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Bapak Kamelus Rambung dan keluarga, yang memberikan informasi bahwa belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di wilayah tersebut. Dalam kesempatan tersebut, petugas Bhabin memberikan edukasi, sosialisasi, serta himbauan kamtibmas kepada masyarakat.

Salah satu poin yang disampaikan adalah sosialisasi dan edukasi pencegahan TPPO. Aipda Kornelius mengingatkan agar warga tidak tergiur untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Ia juga mengajak warga untuk menginformasikan kepada pihak berwenang jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah atau negeri untuk mencegah terjadinya TPPO.

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, diimbau untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaannya guna mencegah terjadinya gigitan hewan yang mungkin terjangkit rabies.

Aipda Kornelius juga menegaskan pentingnya melaporkan kepada pihak berwenang, baik itu petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat, jika terjadi gangguan kamtibmas. Ia juga mengingatkan agar masyarakat menjauhi tindakan main hakim sendiri.

Giat patroli dan sosialisasi yang dilakukan oleh Aipda Kornelius Jemarus berjalan dengan aman dan lancar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan TPPO, HPR, serta kenakalan remaja demi menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MBA)