Operasi Zebra Turangga 2023 di Wilayah Polres Manggarai

Operasi Zebra Turangga 2023 di Wilayah Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 8 September 2023 - Hari Jumat, pukul 09.00 Wita, Kepolisian Resort (Polres) Manggarai melaksanakan Operasi Zebra Turangga 2023 sesuai dengan Surat Perintah (Sprin) Kapolres Manggarai Nomor: Sprin/602/IX/Ops 3.1/2023 yang diterbitkan pada tanggal 1 September 2023. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, serta menciptakan keamanan dan ketertiban selama 14 hari, mulai dari 4 hingga 17 September 2023.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2023 ini, personil Polres Manggarai telah melakukan serangkaian kegiatan, termasuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang tujuan dan sasaran operasi ini. Sasaran operasi meliputi:

  1. Pengemudi / Pengendara yang Menggunakan Ponsel Saat Berkendara: Polres Manggarai mengingatkan agar pengemudi tidak menggunakan ponsel seluler saat berkendara, demi keselamatan bersama.
  2. Pengemudi / Pengendara Dibawah Umur: Operasi ini juga fokus pada pengemudi atau pengendara yang belum mencapai usia yang diizinkan untuk berkendara.
  3. Pengendara yang Berboncengan Lebih dari Satu Orang: Polres Manggarai memberikan perhatian khusus terhadap pengemudi yang membawa penumpang lebih dari yang seharusnya.
  4. Pengemudi / Pengendara yang Tidak Menggunakan Helm SNI dan Safety Belt: Keamanan pribadi sangat penting, oleh karena itu, penggunaan helm SNI dan safety belt wajib diterapkan.
  5. Pengendara / Pengendara Ranmor yang Dalam Pengaruh / Mengkonsumsi Minuman Keras (Miras): Operasi Zebra Turangga 2023 juga menargetkan pengemudi yang berkendara dalam pengaruh atau mengonsumsi minuman keras.
  6. Pengemudi / Pengendara yang Melawan Arus: Melawan arus merupakan pelanggaran berbahaya yang perlu dicegah.
  7. Melampaui Batas Kecepatan: Pengemudi yang melebihi batas kecepatan yang ditentukan akan ditindak tegas.

Selain memberikan sosialisasi, Polres Manggarai juga melaksanakan penegakan hukum terhadap pengemudi / pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Selama lima hari pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2023, berikut adalah hasil yang dicapai:

  • Tilang: 12 kendaraan, dengan 11 di antaranya terkait dengan penggunaan helm yang tidak sesuai standar (Helm SNI).
  • Rambu: 1 kendaraan.
  • Teguran: 7 kendaraan, dengan sebagian besar terkait dengan kelengkapan kaca spion.

Operasi ini berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali, berkat kerja keras dan komitmen personil Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di wilayah mereka.

Kepala Satuan Lalu Lintas (KASAT LANTAS) Manggarai, AKP Made Hendra Kusumanata, S.I.K., menyampaikan apresiasi atas kerjasama masyarakat dalam menjalankan operasi ini serta mengingatkan masyarakat untuk selalu patuh terhadap aturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Operasi Zebra Turangga 2023 akan terus berlanjut hingga tanggal 17 September 2023, dan Polres Manggarai siap untuk menjaga ketertiban lalu lintas di wilayahnya.

Demikianlah berita ini kami sampaikan. Semoga operasi ini dapat memberikan dampak positif bagi keselamatan berlalu lintas di Manggarai.(MBA)