Melalui Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga, Polres Manggarai Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

Melalui Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga, Polres Manggarai Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024
Melalui Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga, Polres Manggarai Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024
Melalui Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga, Polres Manggarai Siap Amankan Tahapan Pilkada 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Tahapan Pilkada Serentak 2024, Polres Manggarai melaksanakan Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024 pada Senin, 19 Agustus 2024. Kegiatan yang berlangsung di Aula Polres Manggarai ini dimulai pukul 09.18 WITA, dengan tujuan utama meningkatkan kesiapan personel dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman dan kondusif.

Kapolres Manggarai, AKBP Edwin Saleh, S.I.K., M.H., memimpin langsung latihan ini, didampingi oleh Wakapolres Manggarai, KOMPOL Karel Leokuna, S.Kom, M.M., Kabag Ops AKP Burhanudin, serta dihadiri oleh para Kabag, Kasatgas, seluruh personel Polres Manggarai, dan personel Brimob Kompi 2 Pelopor Manggarai.

Dalam sambutannya, Kapolres Manggarai menekankan pentingnya kesiapan dalam menghadapi Pilkada Serentak 2024, mengingat pelaksanaan Pilkada kali ini dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia. Hal ini berbeda dengan periode sebelumnya, di mana pelaksanaan Pilkada dilakukan secara bertahap, memungkinkan adanya saling backup antar wilayah.

"Saya minta kepada seluruh rekan-rekan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan selalu peka terhadap situasi dan perkembangan terbaru di wilayah kita masing-masing. Saya juga sudah menginstruksikan Kasat Intel dan Kasat Reskrim untuk terus melakukan deteksi dini terhadap setiap perkembangan situasi politik di wilayah Manggarai," ujar Kapolres Manggarai.

Latihan Pra Operasi ini juga menjadi momen untuk mengasah kembali kemampuan dan semangat dalam bertugas, serta sebagai bekal pengetahuan dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Kegiatan ini secara resmi dibuka pada pukul 09.28 WITA oleh Kapolres Manggarai.

Setelah pembukaan, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari sejumlah pejabat Polres Manggarai, termasuk Kasat Intelkam IPTU Ale M. Djendo yang menjabat sebagai Kasatgas 1 (Preemtif), Kabag Ops AKP Burhanudin sebagai Karendalops, dan Kasat Reskrim IPTU Robbyanli Dewa Putra, S.Tr.k sebagai Kasatgas 5 (Gakkum).

Wakapolres Manggarai, KOMPOL Karel Leokuna, dalam arahannya, menekankan pentingnya pengamanan yang fokus pada empat aspek utama: barang, tempat, kegiatan, dan orang. Ia juga mengingatkan bahwa setiap kejadian anarkis selalu melalui proses dan perencanaan, sehingga penting bagi Kasat Intel untuk cepat dalam melakukan pencegahan dini.

Kegiatan Latihan Pra Operasi Mantap Praja Turangga 2024 ditutup pada pukul 10.49 WITA, dan seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan dengan aman dan lancar pada pukul 11.00 WITA. Dengan latihan ini, Polres Manggarai menegaskan kesiapan mereka dalam mengamankan seluruh tahapan Pilkada 2024.(MBA)