Kunjungan dan Kehadiran Anggota Bhabinkamtibmas dalam Acara Adat di Kampung Bere, Desa Bangka Ajang

Kunjungan dan Kehadiran Anggota Bhabinkamtibmas dalam Acara Adat di Kampung Bere, Desa Bangka Ajang

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai-Pada hari Rabu, 02 Oktober 2024, pukul 08.00 WITA hingga selesai, anggota Bhabinkamtibmas melaksanakan giat kunjungan sekaligus menghadiri acara adat di rumah Bapak Nikolaus di Kampung Bere, Desa Bangka Ajang. Acara adat tersebut adalah upacara kematian hari ke-3 untuk Almarhumah Calista, anak dari Bapak Vian dan Ibu Ani.

Kehadiran anggota Bhabinkamtibmas ini merupakan bagian dari kegiatan sosial dan bentuk nyata pelayanan tugas kepolisian di tengah masyarakat, guna menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Dalam acara adat tersebut, petugas juga memberikan beberapa himbauan penting kepada masyarakat yang hadir, di antaranya:

  1. Pilkada Damai 2024
  2. Petugas mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), serta menghindari permusuhan dengan keluarga atau orang lain, termasuk menghindari aktivitas perjudian.
  3. Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)
  4. Petugas menghimbau agar masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang ingin bekerja di luar negeri, baik melalui PJTKI maupun mandiri, segera melaporkan hal tersebut kepada pihak berwenang untuk mendapatkan pendampingan.
  5. Hewan Peliharaan (HPR)
  6. Petugas mengingatkan bahwa masyarakat yang memelihara anjing harus merawat dan mengikatnya dengan baik agar tidak membahayakan orang lain, terutama yang bisa berakibat fatal dan mengganggu ketertiban umum.
  7. Menghindari Main Hakim Sendiri
  8. Jika terjadi permasalahan, masyarakat dihimbau untuk tidak main hakim sendiri dan segera melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian agar dapat diselesaikan sesuai hukum yang berlaku.

Dengan kehadiran petugas Bhabinkamtibmas dalam acara adat ini, diharapkan dapat terus terjalin komunikasi yang baik antara kepolisian dan masyarakat, serta tercipta lingkungan yang aman dan kondusif.(MF)