Jumat Curhat,Polres Manggarai Sambangi Rumah Gendang Tenda

Jumat Curhat,Polres Manggarai Sambangi Rumah Gendang Tenda

Tribratanewsmanggarai.com- Jumat tanggal 16 Juni 2023, pukul 10.00 wita , bertempat di rumah Gendang Tenda , Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, telah berlangsung kegiatan JUMAT CURHAT, CARI BERKAH JUMAT  (cerita ringan dan saring bersama Kapolres Manggarai hari Jumat ) dengan tema bekerja di hulu berfikir proaktif jaga soliditas.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H , dan dihadiri  oleh Kabag SDM AKP HYPOLITUS V ATMAN , Kasat Reskrim IPTU HENDRICK R.A BAHTERA, S.T.K, S.I.K., M.H, Kasat Intelkam IPTU M. ALE DJENDO,  KBO Reskrim IPDA I WAYAN GUSTAMA, Babinkamtibmas Kelurahan Tenda AIPDA FLAVIANUS JEDAUT serta para peserta jumat curhat yakni Tua golo Tenda AGUS PALUBARU dan masyarakat Kelurahan Tenda. 

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai AKBP EDWIN  SALEH, S.I.K., M.H memberikan penyampaian yakni sebagai berikut :
 Program Jumat Curhat yang dilaksanakan ini merupakan program wajib Kepolisian dengan tujuan agar dapat saling komunikasi dan bertukar informasi, saran dan masukan dari Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan maupun Komunitas, jika terjadi kendala terkait pelayanan kepolisian di masyarakat maupun adanya gangguan Kamtibmas di tengah Masyarakat dapat disampaikan pada kegiatan ini.

Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih Bapak dan Ibu masyarakat di Kelurahan Tenda dapat hadir di rumah Gendang Tenda ini. 

Dalam kesempatan tersebut para peserta Jumat Curhat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Terima kasih atas kedatangan Bapak Kapolres Manggarai dan rombongan di wilayah kami di rumah gendang Tenda dan kami terima dengan adat Curu Kapu. 

Sebagai gambaran wilayah gendang Tenda terdiri dari 2.000 kepala keluarga yang terdiri dari 2 Kelurahan yakni Poco mal dan Tenda. Kondisi kemanan di wilayah gendang Tenda secara umum dipengaruhi oleh banyaknya hunian tempat kost karena keberadaan kampus Unika dan sekolah - sekolah namun tingkat keamanan masih kurang, hal ini dapat dilihat dari masih adanya kasus pencurian serta keributan untuk itu kami berharap ada upaya dari Polres Manggarai mengatasi hal tersebut. 

Adapun masalah lain yakni masih banyak warga  yang menempati kost disekitar kami tidak melaporkan diri di ketua RT dan kepala lingkungan sehingga kita tidak mengetahui identitasnya hal tersebut berdampak pada gangguan keamanan. 

Menanggapi penyampaian tersebut Kapolres Manggarai memberikan tanggapan sebagai berikut :

Terima kasih atas masukan dan saran kepada kami, pada kesempatan ini saya menghimbau agar jika ada kejadian menonjol seperti pencurian maka harus dilaporkan di Polres Manggarai. 

Untuk mengatasi kasus pencurian yang terjadi kami akan mengantisipasinya dengan menerapkan teknik dan taktik Kepolisian dengan mengoptimalkan peran Babinkamtibmas dan Satuan reskrim di wilayah gendang Tenda

Mengenai warga baru yang tidak melaporkan diri agar dibuat konsep aturan kepada pemilik kos agar melaporkan setiap warga yang menempati kos sebagai manajemen kontrol terhadap lingkungan. 

Pada kesempatan ini kami berharap nilai sakral rumah gendang agar terus di jaga dan bersama warga masyarakat tetap menjaga situasi kamtibmas selalu aman, kami juga menitip diri semoga kami diberikan kelancaran dalam bertugas.

Jika ada kritik saran dan masukan kepada Polres Manggarai bisa disampaikan kepada kepada Kami, baik secara langsung, melalui nomor HP Kapolres maupun melalui media sosial Polres Manggarai dan akan kami terima saran dan masukan tersebut untuk mendukung kinerja kami.