Harkamtibmas: Sat. Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Dialogis di Ruteng

Harkamtibmas: Sat. Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Dialogis di Ruteng
Harkamtibmas: Sat. Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Dialogis di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai - Pada hari ini, Rabu, 3 Juli 2024, pukul 09.00 WITA, anggota Sat Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang dalam kota. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Patroli kali ini menyasar masyarakat yang berkumpul di depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, dan para penumpang di beberapa tempat serta arus lalu lintas. Petugas patroli berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang, agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda/pengelola pasar. Selain itu, mereka juga memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, baik di area pasar maupun tempat lainnya dalam maupun luar kota, terutama menjelang Pesta Demokrasi dan Pilpres.

Patroli ini juga bertujuan mencari informasi di lingkungan pasar tentang hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, seperti pencurian dan pencopetan. Diharapkan, kegiatan patroli dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitasnya, serta meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, patroli ini bertujuan mencegah terjadinya kriminalitas, gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, serta rasa aman dan tentram kepada masyarakat. Patroli ini juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan kekuatan personel sebanyak 6 orang yang dipimpin oleh Kanit I Dalmas Samapta Aipda Kadek Suarsana. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali serta arus lalu lintas tertib dan lancar.(MBA)