Harkamtibmas dan Himbauan Preventif dari Aipda Kornelius Jemarus di Kampung Redong, Desa Benteng Tubi

Harkamtibmas dan Himbauan Preventif dari Aipda Kornelius Jemarus di Kampung Redong, Desa Benteng Tubi

Tribratanewsmanggarai.com-

18 Januari 2024

Kampung Redong, Desa Benteng Tubi - Pada hari Kamis, 18 Januari 2024, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan kunjungan di Kampung Redong, Desa Benteng Tubi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka koordinasi Kamtibmas, serta memberikan himbauan terkait pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), kenakalan remaja, dan pesan kampanye pemilu damai 2024.

Kunjungan tersebut berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.00 Wita, di mana Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Bapak Kristo dan keluarga. Dalam pertemuan tersebut, Bapak Kristo memberikan informasi bahwa hingga saat ini tidak ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di wilayah tersebut.

Petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan edukasi, sosialisasi, serta memberikan himbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat. Berikut adalah beberapa poin yang disampaikan oleh Aipda Kornelius Jemarus:

A. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabin mengingatkan warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Aipda Kornelius juga mengajak agar warga yang ingin bekerja di luar negeri mengikuti jalur resmi yang disediakan oleh pemerintah. Jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah, warga diminta segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabin menghimbau pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil untuk menjaga keamanan masyarakat dari risiko penyakit anjing gila.

C. Sosialisasi & Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Terjadinya Bencana Alam

Petugas Bhabin mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Aipda Kornelius juga mengajak warga untuk menjaga dan melestarikan alam, termasuk tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta menghindari penggalian pasir dan batu di dekat rumah atau jalan raya untuk mencegah tanah longsor.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024

Petugas Bhabin mendorong masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu 2024. Aipda Kornelius mengingatkan warga agar tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas. Ia juga memberikan edukasi tentang pentingnya menghormati perbedaan pilihan politik, tidak melakukan intimidasi, dan menjunjung tinggi asas kebebasan memilih calon dalam pemilihan umum. Masyarakat juga dihimbau untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat.(MBA)