Giat Sambang Sat Polair Polres Manggarai, sampaikan himbauan Kamtibmas

Giat Sambang Sat Polair Polres Manggarai, sampaikan himbauan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 11 September 2023 - Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polres Manggarai melaksanakan kegiatan sambang dan pembinaan masyarakat (Binmas) di Pesisir Tambat Labuh, Dusun Lawara, Kelurahan Baru, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, pada hari Senin, tanggal 11 September 2023, pukul 10.00 Wita sampai dengan 11.30 Wita.

Kegiatan sambang tersebut dipimpin oleh Kasat Polairud Polres Manggarai, IPTU Jessy Silahooy, bersama anggotanya. Dalam kegiatan tersebut, anggota Sat Polair memberikan sejumlah himbauan dan informasi kepada para nelayan dan ABK Rina Jaya 03 GT 24, antara lain:

  • Menghimbau agar para nelayan dan ABK selalu mengutamakan keselamatan saat melaut dan menangkap ikan. Hal ini meliputi penggunaan peralatan keselamatan seperti pelampung, helm, dan alat komunikasi yang dapat memudahkan koordinasi saat di laut.
  • Mengingatkan agar para nelayan tidak menggunakan bahan peledak atau bahan-bahan lain yang dapat merusak ekosistem biota laut. Tindakan semacam ini dapat merusak ekosistem laut dan mengancam keberlangsungan biota laut.
  • Menghimbau agar para nelayan dan warga pesisir selalu waspada terhadap berita-berita hoaks yang dapat menyebabkan kegaduhan sosial. Selain itu, warga juga dihimbau untuk aktif mendukung upaya Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kasat Polairud Polres Manggarai, IPTU Jessy Silahooy, mengatakan bahwa kegiatan sambang ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan di laut serta menjaga kelestarian ekosistem biota laut.

"Kegiatan sambang ini rutin kami lakukan sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat pesisir dan menjalin komunikasi secara langsung. Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan di laut serta menjaga kelestarian ekosistem biota laut," kata Kasat Polairud.

Para nelayan dan ABK Rina Jaya 03 GT 24 menyambut baik kegiatan sambang yang dilakukan oleh Sat Polair Polres Manggarai. Mereka mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

"Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan sambang ini. Kami jadi lebih paham tentang pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan di laut serta menjaga kelestarian ekosistem biota laut," kata salah seorang nelayan.(MBA)