Satuan Polairud Polres Manggarai Gencar Patroli dan Sambang di Wilayah Pesisir

Satuan Polairud Polres Manggarai Gencar Patroli dan Sambang di Wilayah Pesisir

Tribratanewsmanggarai.com-

Dalam upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan di perairan, Satuan Polisi Air (Polairud) Polres Manggarai melaksanakan patroli dan sambang pada hari Selasa, 23 April 2024.

Kasubnit Binmas Air AIPDA MARLON ETWIORY memimpin patroli dan sambang terhadap KLM.REO INDAH 03 GT 30 No 363/006 yang dikomandoi oleh Nahkoda RAYMON dengan 6 ABK. Selama pertemuan tersebut, tim memberikan himbauan kepada para nelayan untuk selalu memprioritaskan keselamatan saat beraktivitas di laut dan menangkap ikan, serta menjaga kebersihan pesisir pantai dengan tidak membuang sampah ke laut.

Fokus utama dari kegiatan ini adalah pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), di mana tim mendorong operator kapal dan masyarakat pesisir untuk aktif berkolaborasi dengan polisi dalam memerangi kegiatan ilegal tersebut. Kapten kapal juga didorong untuk membantu pihak kepolisian dalam mengungkap dan menangkap pelaku TPPO.

Hasil dari kegiatan tersebut antara lain:

  • Penguatan langkah-langkah keamanan di pesisir untuk memastikan keselamatan para nelayan dan masyarakat pesisir.
  • Pencegahan dan pengurangan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang.
  • Himbauan kepada masyarakat nelayan untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk dan gelombang tinggi yang dapat mengancam keselamatan.
  • Penekanan agar para nelayan tidak menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan, demi menjaga ekosistem laut dan mencegah kerusakan pada kehidupan laut.

Upaya ini menegaskan komitmen Polairud Polres Manggarai dalam menjaga keamanan maritim dan memperkuat kerjasama antara kepolisian dengan masyarakat pesisir dalam melindungi wilayah pesisir dari kegiatan kriminal.(MBA)