Giat Patroli dan Pemeriksaan Kapal oleh Sat. Polair Polres Manggarai

Giat Patroli dan Pemeriksaan Kapal oleh Sat. Polair Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 18 September 2023 - Kasat Polairud Polres Manggarai beserta anggota melaksanakan giat patroli perairan yang berlangsung dari pukul 09.30 Wita hingga 11.30 Wita. Dalam giat ini, mereka menggunakan Kapal Patroli Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Manggarai.

Giat patroli yang berlangsung selama dua jam ini melibatkan personel Polairud Polres Manggarai yang telah terlatih dan siap untuk menghadapi berbagai situasi. Mereka berpatroli di perairan yang masuk dalam wilayah hukum Polres Manggarai dengan tujuan utama menjaga keamanan di laut.

Pada pukul 10.30 Wita, tim patroli melaksanakan pemeriksaan terhadap Kapal KMN NURSYAKINAH INDAH 01 dengan GT (Gross Tonnage) sebesar 30. Kapal tersebut memiliki nomor 2021/Llq No.77/N dan diketahui juragan kapalnya adalah Kasman yang berasal dari Bulukumba. Kapal ini merupakan jenis Porse Sheine dengan membawa 6 orang ABK.

Dalam pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa kapal tersebut tidak membawa muatan apa pun dan dokumen kapalnya lengkap. Kasat Polairud dan timnya kemudian melaksanakan Polmas terhadap ABK kapal tersebut. Beberapa himbauan penting disampaikan kepada ABK kapal, antara lain:

  1. Selalu mengutamakan keselamatan saat berlayar menangkap ikan, demi menjaga keberlangsungan hidup mereka di laut.
  2. Menghimbau agar selalu waspada terhadap berita-berita hoax (berita palsu) dan ikut membantu Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Pemeriksaan kapal dilaksanakan di sekitar perairan Serise dengan titik koordinat 08° 17" 345" LS dan 120° 29" 713" BT. Kasat Polairud Res Manggarai, IPTU JESSY SILAHOOY, mengapresiasi kerja keras timnya dalam menjaga keamanan di perairan ini. Giat patroli dan pemeriksaan kapal merupakan bagian dari upaya Polres Manggarai untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan aktivitas perikanan di wilayah tersebut.(MBA)