Cegah TPPO, Bripka Yoni Tandungan Lakukan Giat Patroli dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Cegah TPPO, Bripka Yoni Tandungan Lakukan Giat Patroli dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 23 September 2023 - Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Ruteng, Bripka Yoni Tandungan, melaksanakan kegiatan patroli dialogis di sekitar Desa Kakor pada hari Sabtu, 23 September 2023. Selama patroli tersebut, Bripka Yoni Tandungan juga menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah Bapak Vanoldus Gunawan yang berlokasi di Dusun Tongke, Desa Kakor, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan patroli dialogis seperti ini merupakan salah satu bentuk dari program Ruteng yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan mendekatkan diri dengan masyarakat Desa Binaan.

Dalam kesempatan yang berharga ini, Bripka Yoni Tandungan juga tidak melewatkan kesempatan untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang sangat penting bagi masyarakat, terutama terkait dengan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), bahaya gigitan hewan penular rabies (HPR), dan upaya pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

A. Himbauan Terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Bripka Yoni Tandungan memberikan himbauan agar masyarakat tidak mudah tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar kota atau bahkan luar negeri yang dijanjikan dengan upah atau gaji besar. Apabila ada orang-orang yang tidak dikenal mendatangi rumah untuk merekrut tenaga kerja, disarankan agar segera melaporkan kejadian tersebut kepada Pemerintah Desa atau petugas Bhabinkamtibmas terdekat. Kolaborasi antara masyarakat dan aparat keamanan sangat diperlukan untuk menjaga agar keluarga-keluarga tidak menjadi korban TPPO.

B. Himbauan Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Bripka Yoni Tandungan juga mengingatkan masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau bahkan monyet untuk selalu melakukan vaksinasi rabies secara rutin di puskeswan terdekat. Selain itu, diharapkan agar hewan peliharaan ini diikat atau dikandangkan untuk menghindari risiko gigitan yang dapat menularkan penyakit rabies.

C. Himbauan Pencegahan Karhutla

Tidak ketinggalan, Bripka Yoni Tandungan juga melakukan himbauan terkait pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) kepada masyarakat. Beliau menghimbau agar seluruh masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena tindakan ini dapat mengancam kelestarian lingkungan dan merugikan banyak pihak.

Dengan adanya kegiatan patroli dialogis seperti ini, diharapkan masyarakat Desa Kakor dan sekitarnya semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan, kesehatan, dan lingkungan demi terciptanya kehidupan yang lebih baik dan aman bagi semua. Bripka Yoni Tandungan siap untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan bersama.(MBA)