Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Manggarai Gelar Operasi Bina Karuna

Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Manggarai Gelar Operasi Bina Karuna

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Polres Manggarai melaksanakan Operasi Bina Karuna Turangga 2024 di wilayah hukum Polres Manggarai. Operasi ini berlangsung pada hari Jumat, 26 Juli 2024, mulai pukul 08.20 WITA.

Sebelum pelaksanaan operasi, PS Kasubbagdalops Polres Manggarai, IPTU Bagus Suhartono, melakukan pengecekan kesiapan personil. Pada kesempatan tersebut, IPTU Bagus Suhartono menekankan kepada personil yang terlibat dalam Operasi Bina Karuna Turangga 2024 untuk menyampaikan himbauan kepada warga terkait pentingnya penanggulangan pembakaran hutan dan lahan.

Operasi hari ini difokuskan pada dua lokasi, yaitu lahan perkebunan masyarakat yang berdekatan dengan kawasan hutan negara atau hutan lindung, tepatnya di hutan Wae Reno, Kecamatan Wae Ri'i, dan kawasan hutan Robo, Desa Ranaka, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai.

Dalam pelaksanaan kegiatan, personil yang terlibat memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan perkebunan pada musim angin guna mencegah terjadinya kebakaran hutan yang meluas.

Operasi Bina Karuna Turangga 2024 ini dipimpin oleh Kasubbagdalops Polres Manggarai, IPTU Bagus Suhartono, bersama KBO Binmas Polres Manggarai, IPDA Seltus Tamat, serta diikuti oleh personil Polres Manggarai yang terlibat dalam Sprint Operasi Bina Karuna Turangga 2024.

Dengan adanya operasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan mencegah terjadinya kebakaran lahan semakin meningkat, sehingga wilayah Manggarai tetap aman dari ancaman karhutla.(MBA)