CARI BERKAH JUMAT POLRES MANGGARAI

CARI BERKAH JUMAT POLRES MANGGARAI

Tribratanewsmanggarai.com- Jumat tanggal 03 Maret 2022 pukul 08.00 wita, bertempat di Ruang Tunggu Polres Manggarai telah berlangsung kegiatan CARI BERKAH JUMAT (cerita ringan dan saring bersama Kapolres Manggarai hari Jumat).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Manggarai KOMPOL SAHIDIN SUNA, dan diikuti oleh Kabag Sumda Polres Manggarai AKP HYPPOLITUS V. ATMAN, Kasat Narkoba AKP KOMANG SUKAMARA, Kasat Intelkam Polres Manggarai IPTU ALE DJENDO,  KBO Lantas IPTU FERDI BATUK dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pada kesempatan tersebut Wakapolres Manggarai Kompol SAHIDIN SUNA memberikan penyampaian yakni sebagai berikut :

1. Kegiatan Cari Jumat berkah ini merupakan Program Rutin yang dilakukan setiap Hari Jumat dari tingkat Mabes hingga Polsek, Tujuan dari adanya kegiatan ini agar kita lebih saling mengenal dengan Masyarakat yg berada di Kabupaten Manggarai.

2. Jika Menemukan Kendala atau Permasalahan di Luar Masyarakat agar memberikan informasi serta sharing dengan beberapa kesulitan yang di temukan di masyarakat yang berkaitan dengan tugas kepolisian.

3. Berkaitan dengan hal tersebut sehingga Nomor dari Pimpinan baik dari Kapolri, Kapolda hingga Kapolres sudah di sebarkan ke Masyarakat Luas untuk membantu dalam menyampaikan informasi secara pribadi lewat Telepon maupun via media Sosial yakni aplikasi WhatsApp.

Selanjutnya para hadirin Jumat Berkah yang menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Kami merasa terbantu dengan adanya program Jumat Berkah ini, karena pada kesempatan ini kami dapat menyampaikan segala sesuatu yang terjadi di lingkungan masyarakat.

2. Kami sebagai masyarakat sering jumpai tentang masalah Lalu Lintas dimana masih banyak masyarakat yang melanggar peraturan Lalu Lintas kemungkinan dikarenakan kurangnya SDM dan Pengetahuan tentang tertib berlalu Lintas.

3. Masalah Area Parkir banyak kendaraan yang memarkirkan kendaraan sembarang tempat sehingga mengganggu kelancaran berlalu lintas sehingga menyebabkan kemacetan, agar hal ini dapat di perhatikan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai serta menegur para pengendara yang memarkirkan kendaraan di sembarang tempat. 

4. Kendala yang sering ditemukan di Kos-kosan maupun dilingkungan masyarakat kota Ruteng yaitu masih banyak di temukan masyarakat atau pendatang baru yang tidak melapor ke tingkat RT/RW maupun Kelurahan pada saat tinggal dilingkungan masyarakat, hal ini kami sebagai masyarakat mengharapkan dari Kepolisian mungkin bersama Kelurahan dapat melakukan Pengecekan terhadap setiap masyarakat yang baru maupun tidak memiliki identitas.

5. Terkait kepemilikan SIM masih banyak masyarakat yang tidak memiliki SIM dikarenakan terkendala informasi dan Biaya, namun sebagian besar masih belum mengerti tentang pentingnya SIM ketika sudah mendapatkan pelanggaran kemudian Kepolisian melakukan penindakan/penilangan disitu kami sebagai masyarakat baru paham betapa pentingnya memiliki SIM.

Menanggapi setiap pertanyaan dari peserta Jumat berkah Wakapolres Manggarai yang di dampingi Kabag Sumda dan Para Perwira Polres Manggarai memberikan penyampaian sebagai berikut :

1. Satuan lalu lintas hampir setiap hari melakukan himbauan dan pengaturan terhadap pengguna jalan demi menghindari Kemacetan dan Kecelakaan Di Jalan Raya, terkait Tempat Parkir di Jalur Kota seperti Contohnya Sentosa Raya dan sekitarnya di gunakan jalur kanan untuk parkiran namun masih ada Masyarakat yang dengan sengaja memarkirkan kendaraan secara sembarangan hal ini sudah kami koordinasikan terhadap Dishub namun tetap kita terbatas dengan lahan parkir.

2. Faktor SDM dan Kepedulian Masyarakat juga mempengaruhi, meskipun sudah ditertibkan namun masih banyak masyarakat yang masa bodoh sehingga jarang kita temukan pelanggaran maupun kecelakaan di Jalan Raya.

3. Terkait pengecekan identitas kepada Masyarakat maupun pendatang baru yang tinggal di lingkungan masyarakat kami dari Polres Manggarai dalam hal ini anggota Bhabinkamtibmas sudah sering lakukan operasi atau pengecekan yang melibatkan ketua RT/RW maupun dari Kelurahan dan kami sering melakukan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat agar setiap orang asing atau orang baru agar melaporkan diri di RT/RW maupun Kelurahan setempat.

4. Bagi masyarakat yang mau mengurus SIM silahkan datang di Polres Manggarai dan menanyakan persyaratan pembuatan SIM di anggota yang melayani pembuatan SIM dan kami Anggota Polres Manggarai pastikan tidak ada pungutan liar selain dari administrasi yang sudah di tentukan.

5. Terima kasih atas saran dan masukan Bapak-bapak pada kegiatan Jumat berkah ini semoga permasalahan yang ada bisa kita selesaikan bersama sehingga situasi kamtibmas di Kabupaten Manggarai dapat berjalan dengan aman.