BRIPTU Charles Darwin Yansen Cegah TPPO Melalui Patroli Dialogis di Desa Bangka Lelak

BRIPTU Charles Darwin Yansen Cegah TPPO Melalui Patroli Dialogis di Desa Bangka Lelak

Tribratanewsmanggarai.com-

Lelak, 6 Desember 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, BRIPTU Charles Darwin Yansen, melaksanakan patroli dialogis di wilayah Desa Bangka Lelak sebagai bagian dari upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat dan menyampaikan pesan kamtibmas.

Selama patroli dialogis, BRIPTU Charles Darwin Yansen menyambangi SMAN 1 Lelak dan berinteraksi dengan para guru. Dalam kesempatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan kamtibmas sebagai tindak lanjut dari himbauan Bapak Kapolres Manggarai terkait pencegahan TPPO. Beberapa poin yang disampaikan kepada keluarga dan siswa/i adalah sebagai berikut:

a. Waspada Terhadap Tawaran Pekerjaan di Luar Kota atau Luar Negeri: Masyarakat, terutama para siswa/i, diminta untuk tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah atau gaji yang besar.

b. Peran Orang Tua dalam Mengawasi Anak-Anak: Orang tua diingatkan untuk selalu menjaga anak-anak mereka agar tidak terpengaruh oleh bujuk rayu oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

c. Melapor Jika Ada Rekrutmen Tenaga Kerja yang Mencurigakan: Jika ada oknum yang tidak dikenal datang ke rumah untuk merekrut tenaga kerja, diimbau agar segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas.

d. Bersama-sama Menjaga Keluarga dari Ancaman TPPO: Masyarakat diminta untuk bersama-sama selalu menjaga keluarga agar tidak menjadi korban TPPO.

Brip. Charles Darwin Yansen menekankan pentingnya kerjasama antara masyarakat, pemerintah desa, dan kepolisian dalam mencegah perbuatan yang merugikan dan mengancam keselamatan keluarga. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih kepada masyarakat tentang bahaya TPPO dan mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam mencegahnya.(MBA)