Bripka Theodorus Angkat Hadiri Acara Sukuran di Desa Lungar, Satar Mese, sampaikan himbauan Kamtibmas

Bripka Theodorus Angkat Hadiri Acara Sukuran di Desa Lungar, Satar Mese, sampaikan himbauan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese, 19 Januari 2024 - Bripka Theodorus Angkat, Bhabinkamtibmas (Babinsa dan Bhabin), Kecamatan Satar Mese, hadir dalam sebuah acara sukuran di Desa Lungar, Kecamatan Satar Mese, hari Jumat, 19 Januari 2024. Acara tersebut diselenggarakan untuk merayakan keberhasilan keluarga Bapak Yohanes Lahut, sebagaimana tertera dalam undangan yang diterima oleh Bripka Theodorus Angkat.

Bripka Theodorus Angkat turut serta dalam kegiatan tersebut dengan tujuan menjaga situasi kamtibmas dan memberikan dukungan kepada keluarga Bapak Yohanes Lahut. Dalam kesempatan tersebut, Bripka Theodorus Angkat menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang diraih oleh keluarga tersebut.

Selain itu, Bripka Theodorus Angkat juga melaporkan beberapa kegiatan preventif yang telah dilakukan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Beberapa poin laporan yang disampaikan meliputi:

A. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Masyarakat dihimbau agar mengikuti jalur resmi yang disediakan oleh pemerintah melalui PJTKI. Bripka Theodorus Angkat juga mengingatkan agar informasi rekrutmen pekerjaan di luar daerah segera dilaporkan ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat untuk mencegah terjadinya TPPO.

B. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bhabinkamtibmas mengajak pemilik hewan peliharaan untuk memastikan hewan tersebut dikandangkan atau diikat untuk mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil untuk melindungi masyarakat dari risiko penyakit anjing gila.

C. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Bripka Theodorus Angkat memberikan himbauan agar warga selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Masyarakat juga diingatkan untuk tidak membangun rumah di daerah rawan longsor, serta menjaga dan melestarikan lingkungan alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024: Petugas Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu dan tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu keamanan. Bripka Theodorus Angkat juga memberikan edukasi tentang pentingnya menghormati perbedaan pilihan politik dalam demokrasi. Masyarakat dihimbau agar tidak melakukan intimidasi dan paksaan kepada pihak lain dalam proses pemilihan serta melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas terdekat.

Bripka Theodorus Angkat berharap dengan langkah-langkah preventif ini, situasi kamtibmas di wilayahnya dapat terus terjaga dengan baik dan pemilihan umum 2024 berjalan dengan damai.(MBA)