Bripka ARSEL LIUNIMA, Babinkamtibmas Satarmese Barat, Gencar Sosialisasi TPPO dan Pencegahan Bencana di Desa Satar Luju

Bripka ARSEL LIUNIMA, Babinkamtibmas Satarmese Barat, Gencar Sosialisasi TPPO dan Pencegahan Bencana di Desa Satar Luju

Tribratanewsmanggarai.com-

Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai - Hari Kamis, tanggal 21 Desember 2023, Bripka ARSEL LIUNIMA, Babinkamtibmas di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan sosialisasi yang melibatkan warga di desa Satar Luju. Acara tersebut berlangsung mulai pukul 10.30 WITA hingga 11.30 WITA dan bertempat di Watu Dali, desa Satar Luju.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh sejumlah warga masyarakat Watu Dali, termasuk pemuda-pemuda setempat. Bripka ARSEL LIUNIMA menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi fokus dari kegiatan tersebut.

Pertama-tama, dalam upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Bripka ARSEL LIUNIMA berdialog dengan warga mengenai bahaya rekrutmen pekerjaan di luar daerah atau negeri. Warga diminta segera menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada rencana rekrutmen yang mencurigakan.

Selanjutnya, sosialisasi bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) menjadi perhatian utama, terutama kepada pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Warga diingatkan untuk selalu menjaga hewan peliharaan mereka dengan memastikan agar terkandang atau diikat dengan baik.

Dalam konteks pencegahan bencana alam, Bripka ARSEL LIUNIMA mengingatkan warga tentang risiko musim hujan yang saat ini tengah berlangsung. Warga di pinggir pantai, sungai, bukit, atau lereng gunung diminta untuk tetap waspada terhadap potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Kegiatan ini juga mencakup sosialisasi terhadap pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Warga diminta untuk selalu memastikan keamanan rumah dan kendaraan mereka, termasuk tidak membeli kendaraan yang tidak memiliki dokumen lengkap.

Tidak hanya itu, Bripka ARSEL LIUNIMA juga menyampaikan edukasi Kamtibmas dari KAPOLDA NTT tentang "PEMILU DAMAI TERTIB DAN LANCAR UNTUK INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA." Warga diingatkan untuk menghindari kampanye hitam, politik uang, dan tidak terlibat dalam tindakan anarkis apabila kubu politiknya kalah dalam Pemilu 2024.

Terakhir, Bripka ARSEL LIUNIMA memberikan himbauan untuk menjaga keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru melalui "Operasi Lilin 2023." Warga diminta untuk tidak bermain petasan di tempat umum, tidak menggunakan knalpot motor racing, dan tidak mengonsumsi minuman keras berlebihan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan warga dapat lebih memahami dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang telah disampaikan oleh Bripka ARSEL LIUNIMA demi menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Satarmese Barat.(MBA)