Bhabinkamtibmas Kornelius Jemarus Himbau Warga Rahong Utara Cegah Tindak Pidana dan Waspada Bencana

Bhabinkamtibmas Kornelius Jemarus Himbau Warga Rahong Utara Cegah Tindak Pidana dan Waspada Bencana

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara - Pada hari Senin, tanggal 1 April 2024, Aipda Kornelius Jemarus, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan kunjungan dan himbauan kamtibmas di Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga 12.30 Wita tersebut, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan pesan-pesan pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), serta langkah-langkah yang perlu diambil dalam menghadapi bencana alam.

Salah satu warga yang berinteraksi dengan Aipda Kornelius Jemarus adalah Bapak Tarsi dan Bapak Rian. Mereka menyampaikan bahwa sampai saat ini tidak ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di wilayah tersebut.

Dalam himbauannya, Aipda Kornelius Jemarus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga terkait bahaya TPPO. Dia mengajak warga untuk tidak tergiur dengan iming-iming gaji besar di luar negeri secara ilegal, serta menginformasikan pentingnya mengikuti jalur resmi yang ditetapkan pemerintah. Jika ada tawaran pekerjaan di luar daerah atau negeri, warga diminta untuk segera melaporkannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Selain itu, Aipda Kornelius Jemarus juga mengingatkan tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), seperti anjing dan kucing. Warga yang memiliki hewan peliharaan diminta untuk menjaga mereka dengan mengikat atau mengandangkan, guna mencegah terjadinya kasus gigitan yang bisa menyebabkan penyakit rabies.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus juga menekankan pentingnya melaporkan segala gangguan kamtibmas kepada pihak berwenang, serta menghindari tindakan main hakim sendiri. Jika terjadi musibah bencana alam, warga diminta untuk segera melaporkannya ke desa atau kepada Bhabinkamtibmas guna mendapatkan bantuan dan penanganan yang cepat.

Dengan upaya himbauan dan sosialisasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan dan keselamatan bersama dapat terus meningkat, sehingga wilayah Rahong Utara tetap aman dan nyaman untuk ditinggali.(MBA)