Bhabinkamtibmas Kecamatan Wae Ri'i Gencar Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Bahaya HPR

Bhabinkamtibmas Kecamatan Wae Ri'i Gencar Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Bahaya HPR

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 10 November 2023 - Hari ini, Jumat (10/11/2023), Bripka Adrianus G Suman, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan sambang dan patroli di Dusun Golo Asa Desa Ndehes.

Dalam kegiatan tersebut, Bripka Adrianus G Suman menyampaikan pesan kamtibmas dan meneruskan himbauan dari Kapolres Manggarai yang terkait dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), kenakalan remaja, hewan peliharaan rabies (HPR), dan pencegahan Karhutla.

Himbauan Terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bripka Adrianus G Suman mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dengan tawaran pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah besar. Dia menegaskan pentingnya untuk tidak tergoda dengan bujuk rayu oknum yang tidak dikenal. Apabila ada oknum mencurigakan yang datang merekrut tenaga kerja, diharapkan masyarakat segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas untuk mencegah korban TPPO.

Himbauan Terkait Bahaya Gigitan HPR (Hewan Penyebar Rabies): Bhabinkamtibmas juga mengimbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hingga monyet untuk secara rutin melakukan vaksinasi rabies ke puskeswan terdekat. Selain itu, dia mendorong agar pemilik hewan peliharaan mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka sebagai tindakan pencegahan bahaya gigitan HPR.

Himbauan Pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan): Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Bripka Adrianus G Suman menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Himbauan ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya Karhutla yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Himbauan Terkait Kenakalan Remaja: Bhabinkamtibmas tak lupa memberikan himbauan kepada para remaja untuk menjauhi pergaulan bebas, seperti merokok, seks bebas, dan kenakalan remaja lainnya. Bripka Adrianus G Suman menegaskan bahwa terlibat dalam perilaku tersebut dapat berdampak buruk pada masa depan remaja, dan oleh karena itu, diingatkan untuk selalu menjaga perilaku yang baik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Kecamatan Wae Ri'i semakin aware dan terlibat aktif dalam menjaga kamtibmas serta mengimplementasikan himbauan dari pihak kepolisian demi menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.(MBA)