Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Salurkan Bantuan Sembako dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Salurkan Bantuan Sembako dan Sampaikan Pesan Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-Kabupaten Manggarai, Senin, 20 November 2023 - Pukul 11.00 Wita, Aipda Yustianus Gorang, Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, melakukan kegiatan penyaluran bantuan sembako kepada warga kurang mampu di wilayah Desa Robek, Kecamatan Reok. Bantuan sembako ini merupakan bagian dari program pemerintah yang disalurkan oleh Presiden Republik Indonesia.

Selain penyaluran bantuan sembako, Aipda Yustianus Gorang juga menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas kepada warga yang hadir. Berikut adalah rangkuman pesan-pesan yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas:

a). Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Aipda Yustianus Gorang menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi melalui PJTKI untuk mencegah TPPO. Warga diminta segera melaporkan jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah/negeri guna mencegah terjadinya TPPO.

b). Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing diminta untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaannya. Langkah ini diambil untuk mencegah gigitan anjing yang dapat menyebabkan penyakit rabies. Upaya ini sebagai langkah preventif agar tidak terjadi korban gigitan hewan penular rabies.

c). Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar guna mencegah kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga dihimbau untuk segera melaporkan ke petugas Bhabinkamtibmas jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di sekitar wilayah mereka.

d. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Warga diminta untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Aipda Yustianus Gorang juga menghimbau agar tidak membangun rumah di daerah yang rawan longsor. Bersama-sama diharapkan dapat menjaga dan melestarikan alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta tidak melakukan penggalian pasir dan batu di dekat rumah atau jalan raya.

e). Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Dalam menghadapi pemilihan umum, Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif. Petugas memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang biasa dalam demokrasi dan diharapkan tidak terjadi intimidasi serta paksaan kepada pihak lain. Masyarakat juga diimbau agar tidak mengganggu proses kampanye calon/pasangan calon lainnya.

Dengan kegiatan ini, Aipda Yustianus Gorang berharap dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan keamanan masyarakat di wilayahnya