Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Sosialisasikan Pencegahan TPPO dan Himbauan Kamtibmas di Desa Bangka Ruang

Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Sosialisasikan Pencegahan TPPO dan Himbauan Kamtibmas di Desa Bangka Ruang

Tribratanewsmanggarai.com-

Kecamatan Rahong Utara - Pada hari ini, Rabu tanggal 08 November 2023, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan patroli dan sambang di Kampung Wontong, Desa Bangka Ruang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mensosialisasikan pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Karhutla dan Hewan Penyebar Rabies (HPR).

Selama patroli tersebut, petugas bertemu dengan sejumlah warga, termasuk Bapak MUS. Pada kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan berbagai informasi dan sosialisasi kepada masyarakat, di antaranya:

  1. Aipda Kornelius Jemarus mengingatkan masyarakat tentang maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). Petugas berharap partisipasi aktif masyarakat dalam memerangi TPPO ini.
  2. Jika ada informasi atau tanda-tanda penyaluran jasa tenaga kerja ilegal (PJTKI) atau tenaga kerja ilegal yang hendak berangkat ke luar negeri, masyarakat diharapkan segera melaporkan atau menginformasikannya kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.
  3. Selain itu, petugas juga mengajak Bapak MUS dan warga lainnya untuk tidak membakar hutan secara sembarangan. Masyarakat diminta untuk menjaga lingkungan dan mematuhi aturan terkait kebakaran hutan. Selain itu, pemeliharaan hewan seperti anjing, kucing, dan kera juga perlu diperhatikan dengan baik, termasuk mengikat mereka menggunakan rantai atau mengandangkannya untuk mencegah gigitan hewan tersebut kepada warga masyarakat.

Menurut informasi dari Bapak MUS dan masyarakat lainnya, hingga saat ini belum ada laporan mengenai keluarga yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

 

Dengan giat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas ini, Polres Manggarai berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman, menjaga kesehatan masyarakat, dan mencegah berbagai tindak kriminal serta dampak negatif terhadap alam(MBA)