Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong amankan Latihan Bareng Komunitas Trail MATIM, MANGGARAI, dan MABAR

Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong amankan Latihan Bareng Komunitas Trail MATIM, MANGGARAI, dan MABAR

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 14 Januari 2024 - Aipda Flavianus JedaUt, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, aktif melibatkan diri dalam kegiatan PAM (Pengamanan) dan Latihan Bareng (Latbar) bersama komunitas trail MATIM, MANGGARAI, dan MABAR. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Januari 2024, pukul 09.00 WITA, dimulai dari markas trail di depan Koramil Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong.

Kegiatan dimulai dengan Pengamanan dan Wal Kegiatan LATBAR dan Ngopi Bareng di markas trail tersebut. Setelahnya, dilanjutkan dengan Latbar dengan rute dari markas trail Ruteng di Koramil, melewati sejumlah jalur menarik, seperti LP Carep-Jalur Lintas Luar, naik jalur pipa, Safana Vila, Susteran Wae Lengkas, dan jalur Taga. Sebanyak 30 Crosser ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selama kegiatan, Aipda Flavianus JedaUt memberikan sejumlah himbauan dan pesan kamtibmas kepada peserta, melibatkan isu-isu penting di masyarakat. Berikut beberapa poin yang disampaikan:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau agar warga tidak tergiur untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan janji gaji besar. Disarankan agar mencari jalur resmi melalui PJTKI untuk menghindari Tindak Pidana Perdagangan Orang.

2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) Melalui sosialisasi ini, masyarakat diminta untuk menjaga hewan peliharaan seperti anjing dan kucing dengan mengandangkan atau mengikatnya, guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan penyakit rabies.

3. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai, selokan, dan saluran air lainnya untuk mencegah banjir. Selain itu, memberikan himbauan agar memperhatikan faktor kemiringan dan kelabilan tanah saat membangun rumah untuk mencegah bencana tanah longsor.

4. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai Masyarakat diingatkan untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu, tidak terprovokasi oleh pihak tertentu, serta menjunjung tinggi kebebasan memilih calon atau pasangan calon. Himbauan juga disampaikan agar tidak menggunakan perbedaan pilihan politik sebagai dasar untuk saling memusuhi.

Aipda Flavianus JedaUt menegaskan pentingnya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar. Ia juga mengajak warga untuk aktif melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat. Dengan kolaborasi antara aparat keamanan dan masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif.(MBA)