Bhabinkamtibmas Kec. Rahong Utara Bersama Babinsa Memberikan Himbauan Pencegahan TPPO, HPR, dan Pilkada Damai 2024 di Desa Wae Mantang

Bhabinkamtibmas Kec. Rahong Utara Bersama Babinsa Memberikan Himbauan Pencegahan TPPO, HPR, dan Pilkada Damai 2024 di Desa Wae Mantang

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai-Rahong Utara, 18 Oktober 2024 - Pada hari Jumat, 18 Oktober 2024, pukul 10.00 WITA hingga selesai, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara bersama Babinsa Serma Yunus melaksanakan patroli dan kunjungan di Kampung Wunis, Desa Wae Mantang. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan himbauan terkait pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya Hewan Penular Rabies (HPR), serta ajakan untuk menjaga situasi damai menjelang Pilkada 2024.

Dalam kegiatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas dan Babinsa bertemu dengan warga setempat, termasuk Bapak Jhon dan keluarganya. Mereka menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga di Kampung Wunis yang menjadi korban TPPO. Momen ini dimanfaatkan oleh petugas untuk memberikan edukasi, sosialisasi, dan pesan-pesan Kamtibmas sebagai berikut:

A. Pencegahan TPPO Petugas Bhabinkamtibmas menghimbau warga agar tidak tergiur dengan tawaran bekerja di luar negeri secara ilegal yang seringkali menjanjikan gaji besar. Warga diajak untuk mengikuti jalur resmi melalui PJTKI yang diakui pemerintah. Jika ada pihak yang berupaya merekrut warga untuk bekerja di luar daerah atau luar negeri, warga diminta segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah TPPO.

B. Bahaya Hewan Penular Rabies (HPR) Petugas juga memberikan sosialisasi tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), khususnya anjing dan kucing. Warga dihimbau agar mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah terjadinya gigitan yang dapat menularkan rabies, penyakit yang berbahaya bagi manusia.

C. Himbauan Menjaga Kamtibmas Petugas Bhabinkamtibmas juga meminta warga untuk selalu melaporkan segala bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) kepada petugas setempat. Selain itu, mereka diingatkan untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri dalam menghadapi permasalahan yang muncul.

D. Pilkada Damai 2024 Menjelang Pilkada 2024, petugas Bhabinkamtibmas menghimbau warga agar tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Diharapkan warga bisa berpartisipasi dalam proses demokrasi ini secara damai dan kondusif.

Kegiatan patroli dan kunjungan ini berlangsung dengan aman dan lancar, serta mendapat sambutan positif dari warga Kampung Wunis. Petugas berharap sosialisasi ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MF)