Bhabinkamtibmas himbau warga tetap waspada Potensi Bencana akibat Cuaca Ekstrem.

Bhabinkamtibmas himbau warga tetap waspada Potensi Bencana akibat Cuaca Ekstrem.

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara - Pada hari Kamis, tanggal 14 Maret 2024, sejak pukul 09.00 Wita, Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, turut serta dalam patroli dan pengecekan lokasi bencana tanah retak di Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang.

Bencana tersebut terjadi pada hari Minggu, tanggal 10 Maret 2024, sekitar pukul 18.00 Wita. Akibatnya, rumah milik KOSMAS BANDUT, seorang petani berusia 38 tahun, yang berlokasi di RT 01/RW 01, Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang, mengalami kerusakan serius. Beruntung, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

Rumah yang mengalami kerusakan memiliki luas 6x7 meter dengan struktur semi permanen, menggunakan lantai semen/batu, dinding berbahan seng, dan atap dari seng.

Pihak Desa Bangka Ruang, yang saat itu diwakili oleh Pj Bapak Sales Ebot, telah melakukan koordinasi dan melaporkan kejadian ini kepada instansi terkait di Kabupaten. Selain itu, pemilik rumah yang terkena dampak bencana telah diungsikan ke tempat tinggal baru di RT 02, RW 01, Dusun Rongkam 1, Desa Bangka Ruang, Kecamatan Rahong Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah staf Desa Bangka Ruang, Bapak Tarsi, dan Kepala Dusun Rongkam 1, Bapak Rian. Aipda Kornelius Jemarus dalam kesempatan itu menghimbau agar warga tetap waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem yang masih berlangsung. Apabila terjadi musibah bencana alam di wilayah Desa Bangka Ruang, masyarakat diimbau untuk segera berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas agar langkah-langkah penanganan dapat diambil dengan cepat, dengan menjaga keselamatan diri dan masyarakat sebagai prioritas utama.(MBA)