Bencana Alam Tanah Longsor di Wilayah Polsek Cibal, Polres Manggarai

Bencana Alam Tanah Longsor  di Wilayah Polsek Cibal, Polres Manggarai
Bencana Alam Tanah Longsor  di Wilayah Polsek Cibal, Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Cibal, 22 Februari 2024 - Personel Polsek Cibal dan Babinsa turun langsung untuk meninjau lokasi bencana alam tanah longsor yang melanda wilayah hukum mereka pada hari Kamis pagi. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 07.00 WITA, menimpa dua lokasi di bawah wilayah Polsek Cibal, Polres Manggarai.

Detail Lokasi Bencana:

  1. Kampung Lous, Desa Riung, Kecamatan Cibal: Lokasi pertama terjadi di ruas jalan raya Ruteng - Reo. Tanah longsor yang terjadi menutup badan jalan dengan material tanah, kayu, dan batu, menghambat akses jalan. Namun, upaya pemulihan telah dilakukan oleh Pemda Kabupaten Manggarai dengan menggerakkan 2 unit alat berat untuk membersihkan material tersebut. Lebih lanjut, Pemda Manggarai telah menyiagakan 2 unit alat berat di lokasi untuk mengantisipasi kemungkinan bencana susulan.
  2. Kampung Nontol, Desa Golo Ncuang, Kecamatan Cibal: Lokasi kedua terjadi di rumah milik Bapak Yustus Adilamuilo yang terletak tepat di bawah tebing. Tanah longsor merusak bagian dinding rumah, yang menyebabkan istri dan anaknya mengalami luka-luka. Korban, Skolastika Galver (39 tahun) mengalami luka robek pada kepala, sementara Albertus Sandani (8 tahun) mengalami luka memar pada bahu akibat terbentur material longsor. Keduanya telah dilarikan ke Puskesmas Pagal untuk perawatan lebih lanjut.

 

Peristiwa ini dipicu oleh tingginya curah hujan yang melanda Kecamatan Cibal dan sekitarnya, mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik.

Kapolsek Cibal IPDA Paksedis P. Sogen dan anggota terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kemungkinan bencana alam serupa akibat cuaca yang tidak menentu di sebagian besar wilayah Manggarai.

“Kami akan terus memantau dan memberikan informasi terkini seputar perkembangan situasi di wilayah ini. Semoga para korban segera pulih dan bantuan dapat tersedia dengan cepat untuk meringankan beban yang mereka alami” ujarnya.(MBA)