Bakti Sosial dan Himbauan Kamtibmas oleh AIPDA Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong

Bakti Sosial dan Himbauan Kamtibmas oleh AIPDA Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Pada hari Sabtu, 03 Februari 2024, pukul 09.30 WITA, AIPDA Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, bersama-sama dengan Ketua RT 006 dan warga RT 006 Kelurahan Lawir, melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di seputaran Pos Kamling serta saluran air di jalur Lawir menuju Kampung Ka.

Dalam kesempatan tersebut, AIPDA Flavianus Jedaut tidak hanya memberikan bantuan fisik kepada masyarakat setempat, tetapi juga menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas yang sangat relevan. Berikut adalah poin-poin utama yang disampaikan:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabinkamtibmas mengadakan sosialisasi dan edukasi mengenai pencegahan TPPO. Warga diminta untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Mereka dihimbau untuk mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI. Jika ada tawaran pekerjaan di luar daerah, disarankan agar segera melaporkannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas Bhabin juga memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dihimbau untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka agar tidak menggigit manusia. Langkah ini diambil untuk mencegah penularan penyakit rabies.

3. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam

Petugas Bhabin memberikan informasi tentang pencegahan dan antisipasi terjadinya bencana alam. Warga diingatkan untuk tidak membuang sampah di sungai, selokan, dan saluran air lainnya guna mencegah luapan air ketika hujan lebat. Selain itu, mereka juga diminta untuk memperhatikan tingkat kemiringan dan kelabilan tanah saat membangun rumah agar terhindar dari bencana tanah longsor.

4. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai

Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk bersama-sama menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Masyarakat diingatkan agar tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pemilihan umum. AIPDA Flavianus Jedaut juga memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang biasa dan dilindungi oleh undang-undang. Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan intimidasi dan paksaan kepada pihak lain dalam proses pemilihan.

Petugas Bhabin juga mengajak dan menghimbau agar perbedaan pilihan politik tidak dijadikan dasar untuk saling memusuhi, serta wajib menjunjung tinggi asas kebebasan memilih calon/pasangan calon dalam pemilihan umum. Masyarakat diajak untuk melaporkan kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat apabila terjadi gangguan kamtibmas.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan sekitar serta dapat mengimplementasikan himbauan yang disampaikan oleh petugas Bhabinkamtibmas.(MBA)