Babinkamtibmas Kec. Langke Rembong Dampingi Tim Vaksinasi Ternak HPR dari Dinas Peternakan

Babinkamtibmas Kec. Langke Rembong Dampingi Tim Vaksinasi Ternak HPR dari Dinas Peternakan
Babinkamtibmas Kec. Langke Rembong Dampingi Tim Vaksinasi Ternak HPR dari Dinas Peternakan

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 10 Juni 2024 – Pada hari Senin, 10 Juni 2024, pukul 09.00 WITA, petugas Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Aipda Flavianus Jedaut, bersama Lurah Tenda, Hubertus F.P Jemadu, S.Ip, dan Babinsa Kelurahan Tenda, Praka Muhamad Ardiko, mendampingi tim Vaksinator Hewan Penular Rabies (HPR) dari Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi ternak HPR di wilayah Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta melakukan pendataan dan sosialisasi terkait "Penertiban Hewan Penular Rabies" sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Manggarai No.11 tahun 2010. Beberapa poin penting yang disampaikan kepada masyarakat antara lain:

  1. Menghimbau kepada masyarakat yang memelihara ternak, terutama anjing, kucing, dan kera sebagai HPR, agar memelihara hewan-hewan tersebut dengan tertib, baik dengan cara dikandangkan atau diikat.
  2. Menghimbau masyarakat agar semua hewan peliharaan, khususnya anjing, kucing, dan kera, divaksin anti rabies (VAR).
  3. Setiap hewan yang telah divaksin tetap harus diikat atau dikandangkan.
  4. Petugas juga mengingatkan warga untuk tidak melakukan aksi protes jika suatu saat petugas bersama tim dari kelurahan dan RT setempat melakukan operasi dan eliminasi terhadap HPR yang pemeliharaannya tidak tertib atau bebas berkeliaran.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga setempat yang berharap agar operasi dan eliminasi segera dilaksanakan mengingat masih banyak warga yang membiarkan HPR berkeliaran bebas, sehingga dapat memicu gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Warga Kelurahan Tenda menyatakan dukungannya terhadap program ini demi menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terhindar dari ancaman rabies. Harapan warga agar kegiatan ini terus berlanjut dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penertiban dan vaksinasi hewan peliharaan.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, diharapkan angka penularan rabies di Kecamatan Langke Rembong dapat ditekan, dan masyarakat dapat hidup lebih aman dan nyaman tanpa khawatir terhadap ancaman penyakit rabies dari hewan peliharaan yang tidak tertib.(MBA)