Anggota Samapta Polres Manggarai, Melakukan Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng

Anggota Samapta Polres Manggarai, Melakukan Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalu Lintas di Kota Ruteng

tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Kamis (13/7/2023) - Pada pukul 09.00 wita, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan pengaturan arus lalu lintas di beberapa tempat di Kota Ruteng. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, serta memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Dalam patroli ini, tim yang terdiri dari 8 orang dipimpin oleh Kanit Turjawali, Aiptu Ferdy Ador, menyasar beberapa sasaran, antara lain kerumunan orang di terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta mengatur arus lalu lintas di dalam Kota Ruteng. Petugas bertindak dengan cara berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang berkerumun dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

Salah satu tujuan patroli ini adalah memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu atau informasi yang tidak benar dan hoax. Hal ini dilakukan demi keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat. Petugas juga berdialog dengan masyarakat dari luar kota untuk mencari informasi tentang gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar dalam mengemudikan kendaraan mereka mematuhi ketentuan yang berlaku dan mengutamakan keselamatan penumpang. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana atau kejahatan lainnya seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Dalam pelaksanaan patroli dialogis ini, Polres Ruteng berharap dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, diharapkan masyarakat merasa aman dalam beraktifitas dan senang dengan kehadiran polisi.(MBA)