Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng

Anggota Samapta Polres Manggarai Laksanakan Patroli Perintis Presisi di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Kamis 10 Oktober 2024 - Anggota Samapta Polres Manggarai menggelar kegiatan Patroli Perintis Presisi, patroli dialogis, serta memberikan himbauan Kamtibmas pada malam hari di sekitar kota Ruteng. Kegiatan yang dimulai pada pukul 19.30 WITA ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memastikan situasi tetap kondusif, khususnya menjelang Pemilukada serentak.

Sasaran patroli meliputi masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari, terutama di beberapa kelurahan seperti Mbaumuku, Karot, Kumba, Tenda, Bangka Nekang, Waso, Leda, Golo Dukal, Pau, dan Lawir. Dalam patroli tersebut, petugas juga menegur dan berdialog dengan warga dan pemuda bermotor yang terlihat nongkrong di bahu jalan umum.

Cara Bertindak Patroli:

  • Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang ditemui, mencari informasi terkait gangguan keamanan, serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.
  • Memberikan himbauan kepada warga agar tidak mengganggu ketenangan pada malam hari.
  • Petugas juga menyambangi beberapa lokasi strategis seperti Kantor Sekretariat Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, serta Kantor KPUD, untuk berdialog dengan petugas jaga.
  • Himbauan khusus juga diberikan kepada tukang ojek dan anak-anak muda agar tidak mengonsumsi minuman keras di tempat umum demi menjaga ketertiban.

Tujuan Patroli: Kegiatan Patroli Perintis Presisi ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah kriminalitas, menjaga ketertiban umum, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Selain itu, patroli ini juga diharapkan dapat membatasi gerak provokator dan separatis, khususnya menjelang Pemilukada.

Patroli yang menggunakan satu unit Randis R6 Truck Dalmas ini melibatkan sepuluh personel dan dipimpin oleh Kanit Turjawali Samapta, Aipda Thomas, S.H. Kegiatan berlangsung dengan lancar, dan situasi di kota Ruteng terpantau aman serta terkendali.

Hasil yang Ingin Dicapai: Dengan terlaksananya patroli ini, diharapkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Ruteng tetap kondusif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada malam hari.(MF)