Anggota Samapta Polres Manggarai, Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalin

Anggota Samapta Polres Manggarai, Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalin
Anggota Samapta Polres Manggarai, Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Arus Lalin

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 07 April 2024 - Pukul 10.00 WITA, anggota Samapta Ruteng melaksanakan kegiatan patroli dialogis serta pengaturan arus lalu lintas di beberapa titik strategis dalam kota Ruteng.

Dalam patroli tersebut, anggota Samapta menargetkan kerumunan orang di Terminal, sopir angkot, dan tukang ojek, serta memantau arus lalu lintas di dalam kota Ruteng. Mereka berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang berkerumun untuk menyampaikan pesan-pesan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), menghimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi tindak pidana seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan penumpang. Mereka juga berdialog dengan masyarakat pendatang untuk mendapatkan informasi tentang potensi gangguan kamtibmas dari luar kota, serta mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar serta hoax.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan mengurangi faktor niat dan kesempatan, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat," ujar Kanit Patroli.

Patroli dialogis dan pengaturan arus lalin ini merupakan salah satu upaya dari kepolisian untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas.(MBA)