Anggota Bhabinkamtibmas memantau Kegiatan Caci Adat di Desa Gapong, Kec. Manggarai

Anggota Bhabinkamtibmas memantau Kegiatan Caci Adat di Desa Gapong, Kec. Manggarai
Anggota Bhabinkamtibmas memantau Kegiatan Caci Adat di Desa Gapong, Kec. Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai-Pada hari ini, Selasa, 1 Oktober 2024, mulai pukul 11.00 WITA, Bhabinkamtibmas Desa Gapong memantau langsung kegiatan masyarakat yang melaksanakan caci adat dalam rangka acara syukuran hasil panen tahun lalu dan menyambut tahun baru. Acara adat yang disebut penti weki peso beo, wecang rang wali taung, kudut naa taung manga teti taung ata werun ini berlangsung di halaman Kampung Gampong, Desa Gapong, Kecamatan Manggarai.

Kegiatan adat ini dihadiri oleh sejumlah besar warga dari berbagai wilayah, termasuk tamu undangan dari Desa Baja, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai, yang turut meramaikan suasana acara. Dalam diskusi bersama Kepala Desa Gapong, Ardianus Jemaly, serta para tetua adat seperti Tua Golo, Bapak Ignasius Madun, Tua Gendang, Bapak Yoanes Obon, dan Tua Tambor, Bapak Darius Jemau, diputuskan bahwa acara caci akan berlangsung hanya satu hari. Permintaan warga agar acara diperpanjang menjadi dua hari ditolak oleh para tetua adat.

Selama pelaksanaan acara, Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa himbauan demi kelancaran dan keamanan kegiatan adat ini, di antaranya:

  1. Masyarakat diminta untuk tetap tertib dan mematuhi arahan panitia.
  2. Hindari konsumsi minuman keras secara berlebihan.
  3. Jika ada peserta yang mabuk dan masuk ke arena caci, akan segera dievakuasi ke Rumah Gendang (adat) demi keamanan diri dan kelancaran acara.

Hingga saat ini, kegiatan masyarakat masih berlangsung dan situasi tetap dalam kondisi kondusif, dengan pengawasan ketat dari pihak berwajib dan panitia acara.(MF)