Waspada TPPO : Bripka Stanislaus K. Tandi Lakukan Giat Patroli Dialogis di Reok Barat, Manggarai

Waspada TPPO : Bripka Stanislaus K. Tandi Lakukan Giat Patroli Dialogis di Reok Barat, Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok Barat, 24 November 2023 - Pukul 09.00 Wita, Bripka Stanislaus K. Tandi, Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, melaksanakan kegiatan patroli dialogis di sekitar kampung Sambi. Selama patroli tersebut, ia juga menyambangi rumah Bapak Marselinus Nganjong, tempat warga sedang berkumpul.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Stanislaus memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada warga sekitar dengan fokus pada beberapa aspek penting:

a) Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau warga agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Beliau menekankan pentingnya mengikuti jalur resmi pemerintah melalui PJTKI untuk mencegah TPPO. Jika ada rekrutmen di luar daerah, warga dihimbau untuk segera melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

b) Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bripka Stanislaus juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya gigitan hewan penular rabies. Warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, diminta untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaannya guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penyakit rabies.

c) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Petugas Bhabin mengajak warga untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Jika ada kebakaran, warga diharapkan segera melaporkannya kepada petugas Bhabin.

d) Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Bripka Stanislaus mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap hujan dan angin kencang. Dia juga menekankan agar tidak membangun rumah di daerah yang rawan longsor. Selain itu, warga dihimbau untuk menjaga alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan menghindari penggalian pasir dan batu di daerah berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

e) Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Petugas Bhabin mengajak warga untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Beliau memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal biasa dalam demokrasi dan diingatkan agar tidak ada intimidasi atau paksaan kepada pihak lain. Warga juga dihimbau untuk tidak memprovokasi situasi kamtibmas menjelang pemilihan umum.

Bripka Stanislaus juga mengingatkan warga untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor polisi terdekat. Dengan upaya ini, diharapkan tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif di Kecamatan Reok Barat.(MBA)