Tokoh Masyarakat Dan Tenaga Pendidik Hadiri Program JUMAT CURHAT

Tokoh Masyarakat Dan Tenaga Pendidik Hadiri Program JUMAT CURHAT

Tribratanewsmanggarai.com- Jumat tanggal 17 Maret 2023, sekitar pukul 09.00 wita, bertempat di Ruang Tunggu Polres Manggarai telah berlangsung program JUMAT CURHAT, kegiatan CARI BERKAH JUMAT (cerita ringan dan sharing bersama Kapolres Manggarai hari Jumat ).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP YOCE MARTEN, S.H., S.I.K., M.I.K, didampingi oleh Kasat Lantas Polres Manggarai AKP I MADE HENDRA KUSUMANATA, S.IK, Kasat Intel Polres Manggarai IPTU M. ALE DJENDO, Danki 2 Batalion B Pelopor Manggarai IPTU JULHAEDI, Kasat Binmas Polres Manggarai IPTU R. RMBU ELO, S.H., M.H., Kasipropam Polres Manggarai IPDA JONATHAN T. LEMBANG, KBO Sat Binmas Polres Manggarai IPDA SELTUS TAMAT, acara ini dihadiri Tokoh Masyarakat, Tenaga Pendidik serta warga masyarakat Kecamatan Langke Rembong.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai AKBP YOCE MARTEN, S.H., S.I.K., M.I.K, memberikan penyampaian yakni sebagai berikut :
Program Jumat berkah yang dilaksanakan ini merupakan program Kepolisian RI dengan tujuan agar dapat saling komunikasi, bertukar informasi, memberikan masukan dan saran antara Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan maupun Komunitas, jika terjadi kendala terkait pelayanan kepolisian di masyarakat maupun gangguan Kamtibmas di tengah Masyarakat dapat disampaikan.Program Jumat berkah yang dilaksanakan ini merupakan program Kepolisian RI dengan tujuan agar dapat saling komunikasi, bertukar informasi, memberikan masukan dan saran antara Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan maupun Komunitas, jika terjadi kendala terkait pelayanan kepolisian di masyarakat maupun gangguan Kamtibmas di tengah Masyarakat dapat disampaikan.

Dengan adanya kegiatan Jumat Curhat ini agar segala permasalahan tentang kamtibmas dapat di komunikasikan serta Nomor HP Kapolres Manggarai sudah disebarkan kepada masyarakat umum dengan tujuan untuk mempermudah melaporkan kejadian dan berkomunikasi secara langsung.

Kami juga ingin mengecek apakah personil Polres Manggarai yang bertugas maupun dalam kehidupan sosial dengan masyarakat sudah baik ataukah tidak sesuai dengan aturan sehingga dapat kami tindak agar kedepannya dapat menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut para hadirin Jumat Berkah menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Kegiatan Jumat berkah ini sangat membantu kami sehingga dapat menyampaikan masalah yang ditemui dilingkungan tempat tinggal kami untuk diketahui dan sampai saat ini kami belum pernah menemukan personil Polres Manggarai yang menyimpang di tengah-tengah masyarakat, kami sangat berterimakasih dengan Kehadiran Bhabinkamtibmas di masyarakat sangat luar biasa, karena sangat membantu kami menyelesaikan masalah secara kekeluargaan dan semuanya diselesaikan dengan baik dan tuntas.

2. Kami sangat berharap kepada pihak kepolisian Polres Manggarai untuk lebih giat melaksanakan kegiatan patroli sampai ke gang-gang maupun jalan setapak, dimana akhir-akhir ini maraknya kejadian pencurian di wilayah Kecamatan Langke Rembong dan terlihat semakin meningkat.

3. Melihat tugas Bhabinkamtibmas dalam mengawasi wilayah yang luas, kami berharap agar dapat dibangun Pos kamling sehingga tugas Bhabinkamtibmas lebih mudah dengan adanya keikutsertaan warga masyarakat secara swakarsa menjaga lingkungannya masing-masing.

4. Menurut pemikiran kami terkait dengan pengaktifan Pos kamling sudi kiranya Pihak Polres Manggarai dapat menyampaikan ke tingkat Kelurahan/Desa sehingga dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

5. Pada tahun 2019 kami di Kelurahan Lawir pernah membangun Poskamling bersama anggota Bhabinkamtibmas dan puji syukur tindak kejahatan menurun dan semua waktu itu mulai kurang aktif karena terkendala oleh dampak Pandemi Covid-19 yang menyebabkan Poskamling tidak berjalan seperti dulu, pembangunan Pos kamling sangat penting sehingga perlu adanya kepedulian dari masyarakat, kami sangat berharap kiranya pihak kepolisan untuk semakin intens menyambangi masyarakat sehingga kedekatan dengan masyarakat semakin erat, serta kami juga berharap sekiranya ada fasilitas tambahan kepada kami di Pos kamling yang dapat kami gunakan sebagai alarm atau pengingat serta pemberitahuan ketika terjadi suatu kejadian.

6. Kasus pencurian di tengah masyarakat banyak  juga melibatkan para pemudan dan pelajar, maka untuk itu kami berharap agar pihak Polres Manggarai melalui bagian Humas untuk menyambangi sekolah-sekolah dalam memberikan pemahaman dan edukasi kepada anak sekolah termasuk dengan permasalahan pergaulan bebas.

7. Saran kami kedepannya Pihak Polres memasang selebaran, baliho ataupun spanduk tentang himbauan untuk menghindari dan menjauhi kejahatan/kriminalitas sehingga dapat dilihat oleh masyarakat sebagai pengingat agar tidak melakukan tindak kejahatan.

8. Terkait dengan parkiran di area pasar kami sangat mengharapkan adanya solusi dan kerjasama antar pihak Polres Manggarai dengan Dinas Perhubungan Kab. Manggarai untuk mengatasi kemacetan dan PA yang setiap hari terjadi di ruas jalan pasar Inpres Ruteng.

Menanggapi penyampaian dari Tokoh Masyarakat, Tenaga Pendidik serta warga masyarakat tersebut Kapolres Manggarai memberikan tanggapan sebagai berikut :

1. Terimakasih apabila personil kami telah melaksankan tugas dengan baik maupun dalam kehidupan sosial dengan masyarakat setiap hari, sehingga ini dapat terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan sehingga komunikasi dengan masyarakat terus terjaga dengan baik.

2. Terkait permasalahan pencurian yang akhir-akhir ini semakin meningkat, sudah beberapa kasus yang kami tindaklanjuti dan diproses, serta ada beberapa juga yang ingin berdamai baik dari permintaan korban itu sendiri maupun pelaku.

3. Rencana pengaktifan kembali Poskamling kami berharap agar masyarakat lebih proaktif lagi, sehingga kegiatan ronda melalui Poskamling dapat berjalan dengan baik.

4. Apabila terjadi permasalahan di tengah masyarakat agar diselesaikan ditingkat RT, RW, Kelurahan/Desa dengan melibatkan Bhabinkamtibmas namun ketika permasalahan tersebut tidak dapat diselesaikan silahkan dilaporkan ke Polres untuk ditangani secara hukum yang berlaku.

5. Kami di Polres Manggarai masih terkendala dengan jumlah personil khususnya Bhabinkamtibmas namun ini bukan menjadi masalah bagi kami untuk melayani serta menjaga Kamtibmas di wilayah kab. Manggarai, sehingga Kami sangat meminta peran aktif dari masing-masing warga untuk membantu menjaga Kamtibmas.

6. Awal saya bertugas di wilayah ini, saya meminta laporan situasi dari masing-masing wilayah dan saya hanya menerima laporan dari 3 Polsek yang menjangkau 12 Kecamatan di Kab. Manggarai sehingga saya mulai membagi tugas kepada Bhabinkamtibmas dan Kapospol untuk disebar ke seluruh kecamatan, terlihat selama ini banyak laporan dan informasi yang masuk kepada saya terkait kegiatan-kegiatan maupun kejadian yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

7. Terkait dengan pelaksanaan patroli, kegiatan patroli merupakan kegiatan rutin Kepolisian yang dilaksanakan oleh personil polres, kami akan mengatur kembali agar kegiatan patroli lebih menyentuh masyarakat lagi dan dilaksanakan pada jam-jam rawan sehingga tepat sasaran.

8. Untuk kegiatan disekolah-sekolah silahkan berkoordinasi dengan Kapospol maupun Bhabinkamtimas untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah dan sejauh ini polres juga telah masuk ke sekolah-sekolah dengan program Police Go To School dari Satuan Lalu Lintas bahkan Satuan Binmas Polres Manggarai.

9. Terkait dengan masalah parkiran, saya sudah beberapa kali telah berkomunikasi dengan Dinas Perhubungan agar bisa menertibkan parkir kendaraan melalui petugas yang mengambil restribusi parkir, kami akan berkomunikasi lagi dengan Pihak terkait termasuk pengelola pasar sehingga permasalahan parkir dapat segera teratasi.