Sosialisasikan Bahaya TPPO Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Lakukan Sambang dan Patroli Dialogis.

Sosialisasikan Bahaya TPPO Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Lakukan Sambang dan Patroli Dialogis.

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, Senin, 06 November 2023 - Pukul 09.30 WITA, Aipda Flavianus Jedaut, seorang Anggota Bhabinkamtibmas di Kecamatan Langke Rembong, melaksanakan giat sambang dan patroli dialogis di Kelurahan Tenda. Kegiatan ini berlangsung di rumah Ketua RT 011, Kelurahan Tenda, dengan tujuan untuk menjalin komunikasi yang baik antara petugas kepolisian dan warga setempat.

Pada kesempatan tersebut, Aipda Flavianus Jedaut menyampaikan sejumlah hal penting kepada warga, antara lain:

  1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Aipda Flavianus Jedaut memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan petugas gereja dan Organisasi Masyarakat Kristen (OMK) terkait atensi khusus dari Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang semakin marak terjadi di wilayah NTT. Warga dihimbau untuk segera melaporkan jika menemui Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menawarkan pekerjaan di luar negeri atau Tenaga Kerja Ilegal (TKI) ke luar negeri kepada petugas Bhabinkamtibmas atau pihak berwajib.
  2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Aipda Flavianus Jedaut juga mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR), seperti monyet, anjing, dan kucing, untuk selalu mengikat atau mengkandangkan hewan tersebut. Selain itu, pemilik hewan dianjurkan untuk memberikan vaksin (VAR) secara berkala untuk mencegah penularan rabies, yang dapat berpotensi menimbulkan masalah atau korban baik pada hewan peliharaan maupun orang lain.
  3. Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat saat ini merupakan musim kemarau, dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim tanam, Aipda Flavianus Jedaut memberikan himbauan kepada warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran dalam mengolah lahan pertanian. Penggunaan sistem pembakaran dapat memicu kebakaran hutan yang dapat merugikan lingkungan dan warga sekitar.

Giat sambang dan patroli dialogis ini merupakan upaya Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memberikan informasi yang penting untuk kebaikan warga. Warga sangat diharapkan untuk mendukung upaya pencegahan tindak pidana, kesehatan hewan peliharaan, dan pelestarian lingkungan demi kehidupan yang lebih aman dan nyaman.(MBA)