Satuan Binmas Polres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas, Berikan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR, dan Karhutla

Satuan Binmas Polres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas, Berikan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR, dan Karhutla

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 27 Oktober 2023 - Anggota Satuan Binmas Polres Manggarai, khususnya Anggota Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Manggarai, terus aktif dalam menjalankan tugas pencegahan berbagai tindakan kriminal. Pada Jumat, 27 Oktober 2023, pukul 10.30 WITA, Aipda Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, bersama Lurah Tenda Bapak Heribertus F. Jemadu dan Babinsa Kelurahan Tenda Koptu Abillio Ribeiro, melaksanakan giat sambang dan patroli di kompleks RT 008 Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong.

Dalam kesempatan tersebut, petugas memberikan pesan kamtibmas terkait dengan maraknya kasus pencurian yang belakangan ini terjadi dengan sasaran kos-kosan. Petugas mengajak mahasiswa dan mahasiswi yang menjadi penghuni kos-kosan untuk turut serta dalam mencegah tindakan pencurian dengan memberikan informasi kepada petugas jika menemui orang-orang yang datang bertamu ke kos-kosan dengan tujuan yang tidak jelas. Mereka diminta segera mengambil foto dan mengirimkannya kepada petugas Bhabinkamtibmas.

Selain itu, petugas juga memberikan sosialisasi pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Mereka menjalin kerjasama dengan warga para penghuni kos-kosan setempat terkait dengan atensi khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan TPPO yang begitu marak terjadi di wilayah NTT. Petugas menghimbau agar jika ditemukan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menawarkan pekerjaan ke luar negeri dan Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yang akan berangkat ke luar negeri, segera melaporkan atau memberikan informasi kepada pihak yang berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas.

Selanjutnya, petugas memberikan sosialisasi mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Mereka mengingatkan warga yang memelihara hewan penyebar rabies seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan-hewan tersebut. Selain itu, dianjurkan memberikan vaksin (VAR) secara berkala agar tidak menimbulkan masalah atau korban baik pada diri pemiliknya maupun orang lain.

Terakhir, petugas juga memberikan sosialisasi mengenai kebakaran hutan dan lahan. Mereka mengingatkan warga mengingatkan warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran dalam pengolahan lahan pertanian, terutama saat ini, yang merupakan musim kemarau. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan yang dapat merugikan banyak pihak.

Upaya Satuan Binmas Polres Manggarai, melalui giat anggota Bhabinkamtibmas, diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka serta mencegah berbagai tindakan kriminal yang meresahkan. Dengan sinergi antara petugas dan masyarakat, diharapkan daerah ini akan tetap aman dan nyaman untuk ditinggali.(MBA)