Polsek Reo Gelar Jumat Curhat di halaman Wisma St. Yosef Kevikepan Reo

Polsek Reo Gelar Jumat Curhat di halaman Wisma St. Yosef Kevikepan Reo
Polsek Reo Gelar Jumat Curhat di halaman Wisma St. Yosef Kevikepan Reo

tribratanewsmanggarai.com-

Reo, 21 Juli 2023 - Dalam rangka mendukung kegiatan pembersihan lingkungan bersama yang telah dilaksanakan di halaman Wisma St. Yosef Kevikepan Reo, Kepolisian Sektor Reo (Polsek Reo) menggelar acara "Jumat Curhat" sebagai ajang diskusi terbuka dengan masyarakat untuk mendengar saran dan masukan terkait peningkatan kegiatan bersih-bersih di Kecamatan Reo. Acara ini bertujuan untuk melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan memperkuat toleransi antar umat beragama.

Dalam acara "Jumat Curhat" tersebut, beberapa masyarakat memberikan saran dan masukan yang konstruktif. Drs. Muhammad Kasim, sebagai perwakilan dari KUA kecamatan Reok, menyarankan agar kegiatan bersih-bersih di Kecamatan Reo terus ditingkatkan dan melibatkan semua elemen yang ada. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman untuk semua warga.

Sdr. Beni, salah satu warga masyarakat, menyarankan kepada Kapolsek Reo agar kegiatan bersih-bersih ditingkatkan lagi dengan melibatkan banyak elemen masyarakat. Ia juga mengusulkan agar pembersihan dilakukan di tempat-tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan tempat umum lainnya, sebagai bentuk penghormatan terhadap tempat suci bagi berbagai agama yang ada di wilayah Kecamatan Reo.

Sdr. Muhamad Kasim dari Kantor Urusan Agama mengusulkan agar kegiatan-kegiatan bersih terus dilakukan, dan meminta pihak kepolisian untuk selalu menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayah hukum Kecamatan Reok. Hal ini penting agar pelaksanaan kegiatan bersih-bersih dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Siti Adizah, dalam tanggapannya, mengonfirmasi bahwa pemberitahuan kegiatan bersih-bersih memang sudah dilakukan sebelumnya dan melibatkan berbagai unsur terkait, mulai dari pemerintah Kecamatan, LSM, dan tokoh agama yang ada di Reo.

Menyikapi saran dan masukan dari masyarakat, Kapolsek Reo, IPDA I Komang Agus Budiawan, S.E., menyatakan pihak Kepolisian Sektor Reo mendukung penuh kegiatan bersih-bersih tersebut. Namun, beliau menyarankan agar untuk ke depannya, apabila masyarakat ingin mengadakan kegiatan serupa, agar dibuatkan pemberitahuan kepada pihak kepolisian melalui surat. Hal ini bertujuan untuk memastikan keterlibatan dan koordinasi yang lebih baik antara pihak kepolisian dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Kapolsek Reo juga menegaskan bahwa menjaga kamtibmas merupakan tugas pokok polisi, dan ia mendorong peningkatan toleransi antar umat beragama dengan menggelar kegiatan seperti pembersihan lingkungan bersama. Hal ini dianggap sebagai wujud nyata dari semangat toleransi dan kebersamaan dalam menjaga lingkungan yang bersih dan harmonis.

Pada akhir acara, Kepolisian Sektor Reo mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan bersih-bersih, dan menegaskan bahwa kegiatan tersebut perlu terus ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik dan harmonis bagi seluruh warga Kecamatan Reo.(MBA)