Polres Manggarai Terjunkan Personil untuk Pengamanan Tahbisan Imam Baru di Katedral Ruteng

Polres Manggarai Terjunkan Personil untuk Pengamanan Tahbisan Imam Baru di Katedral Ruteng
Polres Manggarai Terjunkan Personil untuk Pengamanan Tahbisan Imam Baru di Katedral Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Dalam rangka memastikan kegiatan masyarakat berlangsung aman dan lancar, pada hari Senin, 26 Agustus 2024, pukul 07.30 WITA, Polres Manggarai mengerahkan personel untuk melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan Tahbisan Imam Baru di Gereja Katedral Ruteng, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Misa Pentahbisan Imamat Baru dipimpin langsung oleh Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, bersama Uskup Terpilih Labuan Bajo, RD. Maksimus Regus, serta dihadiri oleh Romo Vikjen dan Sekjen Keuskupan Ruteng, Profinsial Ordo Scala Brinian, Profinsial Ordo Saverian, dan para biarawati.

Dalam Misa Pentahbisan ini, empat imam baru ditahbiskan, yaitu:

  1. Pater Yuventus Yonavan Cahyono
  2. Pater Georgius Karvin, CS.
  3. Pater Apolonarius Oskar Kefi, CS.
  4. Romo Dionesis Jimmy Yohanes Hyronimus

Rangkaian pelaksanaan Tahbisan Imamat Baru di Katedral Ruteng berlangsung sebagai berikut:

A. Pukul 07.30 WITA: Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, bersama Uskup Terpilih Labuan Bajo, RD. Maksimus Regus, serta para imam baru diterima secara adat Manggarai di halaman parkir Gereja Katedral Ruteng. Penerimaan ini disertai dengan pengalungan selendang, serta persembahan Kepok Manuk dan Tuak Curu.

B. Pukul 08.00 WITA: Uskup dan imam baru yang akan ditahbiskan menuju Rumah Pastoran Paroki dengan diantar oleh perarakan Ronda Adat Manggarai dan undangan lainnya, kemudian langsung memasuki Gereja Katedral untuk persiapan Ibadah Misa.

C. Pukul 08.30 WITA: Uskup Ruteng dan Uskup Terpilih Labuan Bajo bersama para imam dan imam baru diantar oleh orang tua masing-masing menuju Gereja Katedral Ruteng dengan arakan tarian adat Manggarai.

D. Pukul 09.00 WITA: Ibadah Misa Pemberkatan Piranti dan Pentahbisan Imam dimulai, dipimpin oleh Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, bersama Uskup Terpilih Labuan Bajo, RD. Maksimus Regus. Ibadah ini diikuti oleh sekitar 1.000 umat.

E. Pukul 12.00 WITA: Ibadah Misa Pentahbisan Imam selesai, dilanjutkan dengan syukuran Imam Baru yang berlangsung di Aula Asumpta.

Pengamanan selama rangkaian acara dilakukan oleh personel Polres Manggarai sesuai dengan Sprin Nomor: Sprin/503/VIII/HUK.6.6/2024. Situasi dilaporkan dalam keadaan aman dan terkendali.

Setelah acara syukuran di Aula Asumpta, para imam akan diarak kembali ke kediaman masing-masing oleh keluarga yang bertempat di Hombel, Kelurahan Mbaumuku, dan Leda, Kelurahan Golodukal. Selama pelaksanaan Misa Tahbisan, pengamanan dan pengawalan dilakukan oleh personel Polres Manggarai, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai.(MBA)