POLRES MANGGARAI SELIDIKI PENYEBAB KEBAKARAN RUMAH DAN KOS - KOSAN DI MANGGARAI

POLRES MANGGARAI SELIDIKI PENYEBAB KEBAKARAN RUMAH DAN KOS - KOSAN DI MANGGARAI

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 06 Agustus 2023 - Pada Hari Minggu tengah malam, tanggal 06 Agustus 2023, terjadi sebuah peristiwa tragis di Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Kebakaran melanda rumah dan kos - kosan milik Bapak Aleksius Harmin, seorang Pegawai Negeri Sipil berusia 52 tahun, dan keluarganya.

Rumah yang terbuat dengan material setengah tembok dengan atap seng, serta dinding dari papan kayu mahoni, terbakar dalam api yang membesar dengan cepat. Rumah tersebut memiliki luas 16x11 meter persegi, dengan 9 kamar kos dan 4 kamar keluarga. Kerugian materiil diperkirakan mencapai kurang lebih Rp. 500.000.000.

Kejadian ini menimpa rumah milik Bapak Aleksius Harmin,  Para penghuni  kos - kosan dan para saksi yang saat itu juga berusaha untuk menyelamatkan barang - barang berharga yang masih bisa diselamatkan dari terjangan api yang mematikan.

Salah seorang saksi, Sdr. Fiktorius Efrit Noo, pemilik kamar kos, melaporkan bahwa ia dan beberapa teman tidurnya di kamar miliknya pada malam kejadian tersebut. Mereka dengan cepat sadar akan bahaya ketika melihat kepulan asap berasal dari kamar kos yang berada di sebelahnya. Dengan sigap, mereka memutuskan untuk mematikan meteran kos - kosan dan meminta pertolongan dari pemilik kos serta warga sekitar.

Namun, meskipun usaha penyelamatan dilakukan dengan segera oleh pemilik kos, warga setempat, dan petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, upaya mereka tidak cukup untuk menghentikan perambatan api yang cepat. Akibatnya, rumah dan kos - kosan Bapak Aleksius Harmin total hangus terbakar.

Beruntung, dalam kejadian tragis ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Namun, kerugian materiil yang ditimbulkan amat besar, termasuk beberapa berkas penting seperti ijazah yang tidak sempat diselamatkan.

Pihak berwenang setempat, termasuk personil Polres Manggarai, telah mengambil tindakan tegas dengan memasang garis Police line dan mengumpulkan barang bukti di lokasi kebakaran. Meskipun penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan, para pihak terkait berharap agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi bahaya kebakaran dan selalu siap menghadapi ancaman tersebut.(MBA)