Pertemuan Pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 dengan Kapolres Manggarai

Pertemuan Pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 dengan Kapolres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com- Senin tanggal 20 Februari 2023 pukul 09.30 wita bertempat di ruangan kerja Kapolres Manggarai telah berlangsung kegiatan pertemuan antara Pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 yang diwakili oleh PLH MUP II UPP 2, ASMA PERIJINAN DAN UMUM an. PANCA BUDI SETIAWAN dengan Kapolres Manggarai  AKBP YOCE MARTEN, S.H.,S.I.K.,M.I.K,

Pertemuan tersebut membahas terkait penolakan oleh beberapa warga masyarakat Desa Lunggar terhadap kegiatan survei topografi lokasi Access Road menuju Wellpad PLTP Ulumbu Unit 5-6 Poco Leok yang dilaksanakan oleh petugas dari PT PLN Persero UIP Nusra UPP Nusra 2 di Desa Lunggar Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai.

Dalam pertemuan tersebut Kapolres Manggarai meminta gambaran secara umum terkait persoalan penolakan kegiatan survei topografi lokasi Access Road menuju Wellpad PLTP Ulumbu Unit 5-6 Poco Leok.

Pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 yang diwakili oleh PLH MUP II UPP 2, ASMA PERIJINAN DAN UMUM an. PANCA BUDI SETIAWAN menjelaskan sebagai berikut :

a. Petugas PT PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2, dari tanggal 15 Februari 2023 sampai dengan tanggal 23 Februari 2023 melakukan kegiatan survei topografi lokasi Access Road menuju Wellpad PLTP Ulumbu Unit 5-6 Poco Leok.

b. Pada tanggal 16 Februari 2023 sampai dengan tanggal 19 Februari 2023 saat petugas sedang melakukan kegiatan survei topografi, beberapa warga masyarakat desa Lunggar melakukan penolakan dan meminta untuk dilakukan mediasi dengan pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2.

c. Walaupun terjadi penolakan oleh beberapa warga masyarakat Desa Lunggar terhadap kegiatan tersebut pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 tetap melakukan kegiatan survei tersebut dilokasi yang aman dan sampai saat ini kegiatan tersebut tetap berjalan dan diperkirakan tinggal 2 hari lagi kegiatan tersebut berakhir.

d. Selama kegiatan berlangsung dilakukan pengamanan oleh Personil Polsek Satar Mese dan Babinsa Kecamatan Satar Mese

Terkait penyampaian dari pihak PT PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 tersebut, Kapolres Manggarai menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

a. Agar pihak PT PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2   mengagendakan pertemuan dilevel Forkompinda sekaligus memperjelaskan agenda kegiatan sosialisasi team lain pada Proyek Geothermal dan pada forum tersebut pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 menerima saran dan masukan dari Forkompinda terkait apa saja yang harus dilakukan oleh masing-masing unsur Forkompimda sehingga apabila terjadi permasalahan masing - masing unsur Forkompinda sudah mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing.

b. Agar bag Ops Polres Manggarai menyiapkan Personil pengamanan secara ketat sesuai tingkat kerawanan yang ada di lapangan.

c. Agar Sat Intelkam Polres Manggarai meningkatkan kegiatan Monitoring, Deteksi dan Pulbaket terkait permasalahan tersebut.

d. Agar BhabinKamtibmas Satar Mese melakukan penyuluhan dan himbauan Kamtibmas sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar.

Sebagai saran, Untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan penolakan oleh kelompok warga masyarakat desa Lunggar disarankan kepada pihak PT. PLN (Persero) UIP Nusra UPP Nusra 2 untuk melakukan kegiatan kuliah umum di kampus untuk menjelaskan maksud dan tujuan serta manfaat proyek Geotermal di Desa Lunggar Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai.