Pengamanan Anggota Polres Manggarai dalam Misa Pembukaan Festival Golo Curu 2024

Pengamanan Anggota Polres Manggarai dalam Misa Pembukaan Festival Golo Curu 2024
Pengamanan Anggota Polres Manggarai dalam Misa Pembukaan Festival Golo Curu 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 1 Oktober 2024 – Anggota Polres Manggarai melaksanakan pengamanan (PAM) pada Misa Pembukaan Rangkaian Kegiatan Festival Golo Curu Tahun 2024. Acara ini berlangsung pada Selasa, 1 Oktober 2024, pukul 16.30 WITA, bertempat di Gereja St. Fransiskus Asisi Karot, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Ibadah misa pembukaan dipimpin oleh Romo Agustinus M. Habur bersama lima imam lainnya, dengan dihadiri sekitar 600 umat dari Paroki St. Fransiskus Asisi Karot serta utusan dari setiap paroki se-Uskupan Ruteng. Misa berlangsung dengan khidmat dan aman hingga selesai pada pukul 17.45 WITA.

Setelah misa, dilanjutkan dengan prosesi perarakan Patung Bunda Maria Ratu Rosari dari Gereja St. Fransiskus Asisi Karot menuju Gereja Paroki St. Michael Kumba. Pada pukul 18.35 WITA, prosesi tiba di perbatasan kedua paroki, dan dilakukan penyerahan Patung Bunda Maria dari Paroki St. Fransiskus Asisi Karot kepada Paroki St. Michael Kumba. Patung kemudian diarak oleh umat menuju Gereja St. Michael Kumba.

Sekitar pukul 19.20 WITA, Patung Bunda Maria Ratu Rosari tiba di Gereja St. Michael Kumba dan diterima oleh pastor paroki dengan sambutan tarian adat Manggarai. Patung Bunda Maria akan ditahtakan satu malam di dalam gereja tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan misa dan prosesi perarakan berakhir pada pukul 20.00 WITA dengan situasi aman dan lancar.

Pengamanan kegiatan ini dilakukan oleh Personil Polres Manggarai yang dipimpin oleh Kasikum Polres Manggarai, IPDA Jonathan Taruk Lembang, dan Kasat Tahti Polres Manggarai, IPDA Komang Agus Budiawan. Pengamanan tersebut sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Manggarai Nomor: Sprin/630/IX/HUK.6.6./2024, tertanggal 30 September 2024. Personel yang bertugas di antaranya Aipda Maximus Setu, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, dan Aipda Hendrikus Taswan dari Ba Provos.

Festival Golo Curu 2024 ini akan berlangsung mulai dari 1 Oktober hingga 7 Oktober 2024 dengan berbagai kegiatan keagamaan dan budaya.(MF)