Patroli dan Himbauan Kamtibmas oleh Bhabinkamtibmas di Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai

Patroli dan Himbauan Kamtibmas oleh Bhabinkamtibmas di Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 23 November 2023 - Pada hari ini, Kamis, 23 November 2023, pukul 12.00 Wita, Bhabinkamtibmas Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai, yang diwakili oleh Aipda Zadrak I Sole, Bripka Adrianus G Suman, dan Bripka Selestinus Soro, melaksanakan kegiatan patroli dan melayat di rumah almarhum Purnawirawan Polri, Bapak Maximus Marung, di dusun Lamba Desa Golo Cador.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Purnawirawan Polri dan turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang sangat relevan untuk keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bhabinkamtibmas menyampaikan himbauan Bapak Kapolres Manggarai terkait dengan beberapa aspek penting sebagai berikut:

A. Himbauan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan tawaran pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah/gaji yang besar. Apabila ada oknum yang tidak dikenal datang untuk merekrut tenaga kerja, diharapkan segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas guna menghindari potensi Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

B. Himbauan Bahaya Gigitan Hewan Pemikul Resiko (HPR): Masyarakat diminta untuk selalu melakukan vaksinasi rabies secara rutin ke Puskeswan terdekat untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan lainnya. Selain itu, penting untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan guna mencegah bahaya gigitan HPR.

C. Himbauan Pencegahan Karhutla: Bhabinkamtibmas aktif memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan). Masyarakat diingatkan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar demi menjaga kelestarian lingkungan.

D. Himbauan Kenakalan Remaja: Para remaja diminta untuk menjauhi pergaulan bebas, seperti merokok, seks bebas, dan perilaku kenakalan remaja lainnya. Bhabinkamtibmas menekankan bahwa perilaku tersebut dapat berdampak buruk bagi masa depan generasi muda.

E. Pemilu Damai: Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk berpolitik secara bijak. Dalam menyikapi Pemilu, dihimbau agar tidak membiarkan perbedaan pilihan politik menghancurkan hubungan keluarga dan kekerabatan. Selain itu, penting untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas di wilayah tempat tinggal masing-masing agar tetap aman dan kondusif.

Giat patroli dan penyampaian himbauan ini merupakan upaya Bhabinkamtibmas dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan damai bagi seluruh masyarakat di Desa Golo Cador. Semua elemen masyarakat diharapkan dapat bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama-sama.(MBA)