Kapolres Manggarai Gelar Jumat Curhat dengan Tema Bekerja di Hulu Berfikir Proaktif Jaga Soliditas

Kapolres Manggarai Gelar Jumat Curhat dengan Tema Bekerja di Hulu Berfikir Proaktif Jaga Soliditas

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 28 Juli 2023 - Kapolres Manggarai AKBP Edwin Saleh, S.I.K., M.H., bersama jajaran Polres Manggarai, menggelar acara "Cari Berkah Jumat" dengan tema "Bekerja di Hulu Berfikir Proaktif Jaga Soliditas." Acara tersebut berlangsung pada hari Jumat tanggal 28 Juli 2023, pukul 09.30 wita, di Cafe Kopi Story Ruteng, yang beralamatkan di Watu, Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakapolres Manggarai KOMPOL Karel Leokuna, S.Kom., M.M., serta sejumlah perwira Polres Manggarai seperti Kasat Lantas AKP Made Hendra Kusumananta, S.I.K., Kasat Reskrim AKP Hendricka R.A. Bahtera, S.T.K., S.I.K., M.H., Kasubbag Stajemen Bag Ren IPDA Daud R. Bullu, KBO Sat Reskrim IPTU I Wayan Gustama, dan beberapa perwira lainnya seperti IPDA Harun Syarif, IPDA Jonathan T. Lembang, dan IPDA I Made Budiasa.

Dalam sambutannya, Kapolres Manggarai, AKBP Edwin Saleh, menyampaikan rasa terima kasih kepada warga masyarakat Kelurahan Bangka Nekang, Kecamatan Langke Rembong, dan Kabupaten Manggarai yang telah menyambut baik kehadiran dirinya beserta jajaran dalam kegiatan ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diluangkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh Polres Manggarai ini.

Acara "Jumat Curhat" merupakan bagian dari Program Kapolri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia, baik di tingkat Polda, Polres, maupun Polsek. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran informasi dan menceritakan permasalahan terkait tindak pidana yang ditemukan oleh masyarakat secara langsung kepada Kapolres Manggarai.

Dalam kesempatan ini, peserta Jumat Curhat menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian mereka, antara lain:

  1. Mereka menyambut baik kegiatan "Jumat Curhat" ini karena sangat membantu dalam menyampaikan masalah yang dihadapi di lingkungan tempat tinggal atau masyarakat.
  2. Masih terdapat beberapa kendala di lingkungan masyarakat, terutama di Kelurahan tempat mereka tinggal, yang sering dihadapi dengan adanya pemuda yang mengkonsumsi minuman beralkohol dan menimbulkan keributan.
  3. Mereka juga mengungkapkan masalah parkir liar di sekitar Pertokoan Ruteng dan Pasar Inpres Ruteng yang menyebabkan gangguan dalam aktivitas pengunjung dan kemacetan lalu lintas.

Menanggapi masukan dan permasalahan yang disampaikan oleh peserta Jumat Curhat, Kapolres Manggarai, AKBP Edwin Saleh, memberikan tanggapan sebagai berikut:

  1. Polres Manggarai mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kehadiran para peserta dalam kegiatan "Jumat Curhat."
  2. Terkait masalah pemuda yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan menimbulkan keributan, Kapolres Manggarai mengajak masyarakat untuk segera melaporkan jika terjadi permasalahan semacam itu sehingga  dapat segera diambil tindakan. Beliau juga menyampaikan bahwa nomor handphone pribadinya sudah tersedia untuk dihubungi.
  3. Tentang permasalahan parkir liar, Kapolres Manggarai menyatakan bahwa masalah ini disebabkan oleh ketersediaan tempat parkir yang tidak memadai. Oleh karena itu, Polres Manggarai sudah berinisiatif melakukan rapat koordinasi dengan stake holder terkait untuk mencari solusi penertiban parkir tersebut, karena Polri tidak bias bekerja sendiri, hal ini diperlukan koordinasi dari semua pihak untuk mencari solusi yang tepat.
  4. Kapolres Manggarai menegaskan bahwa Polres Manggarai selalu terbuka untuk menerima segala informasi dan masalah yang terjadi di lapangan yang berhubungan dengan tugas pokok kepolisian. Hal ini untuk memastikan setiap permasalahan dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Acara "Cari Berkah Jumat" ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan memperkuat sinergi antara kepolisian dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Manggarai.(MBA)