Jumat Curhat, Tatap Muka Kapolres Manggarai Dengan Bakal Caleg Kab. Manggarai

Jumat Curhat, Tatap Muka Kapolres Manggarai Dengan Bakal Caleg Kab. Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com- Jumat tanggal 28 April 2023, pukul 09.30 wita , bertempat di ruang Lobby Polres Manggarai telah berlangsung kegiatan JUMAT CURHAT, CARI BERKAH JUMAT  (cerita ringan dan saring bersama Kapolres Manggarai hari Jumat ) dengan tema bekerja di hulu berfikir proaktif jaga soliditas.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H , dan dihadiri oleh Kabag SDM AKP HYPOLITUS V. ATMAN, Kasat Narkoba AKP KOMANG SUKAMARA, S.H. , Kasat Lantas AKP I MADE HENDRA KUSUMANATA, S.I.K, Kasat Intelkam IPTU M. ALE DJENDO, Kasat Sabhara IPTU DOS REIS ALVES, Kasat Binmas IPTU RUFINA RAMBU ELO, S.H. ,M.H. , KBO Reskrim IPDA I WAYAN GUSTAMA, Kasipropam Polres Manggarai IPDA JONATHAN T. LEMBANG, serta peserta jumat curhat yakni para bakal calon Legislatif DPRD Kabupaten Manggarai. 

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai AKBP EDWIN  SALEH, S.I.K., M.H memberikan penyampaian yakni sebagai berikut :

1. Program Jumat Curhat yang dilaksanakan ini merupakan program wajib Kepolisian dengan tujuan agar dapat saling komunikasi dan bertukar informasi, saran dan masukan dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemerintahan maupun Komunitas, jika terjadi kendala terkait pelayanan kepolisian di masyarakat maupun adanya gangguan Kamtibmas di tengah Masyarakat dapat disampaikan pada kegiatan ini.

2.  Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih Bapak dan Ibu dapat hadir untuk bersama-sama kita dapat memajukan Kabupaten Manggarai agar lebih baik melalui peran masing-masing. 

3. Jika ada kritik saran dan masukan kepada Polres Manggarai bisa disampaikan kepada kepada Kami, baik secara langsung, melalui nomor HP Kapolres maupun melalui media sosial Polres Manggarai dan akan kami terima saran dan masukan tersebut untuk mendukung kinerja kami. 

Dalam kesempatan tersebut para peserta Jumat Curhat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Kami selaku warga masyarakat Kabupaten Manggarai mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Bapak Kapolres Manggarai  dan kami berharap selama  kepemimpinan Bapak bisa melaksanakan tugas kedepan dengan baik karena mengingat kedepan merupakan tahun politik. 

2. Melihat latar belakang penugasan Bapak sebelumnya sebagai seorang intelijen di bidang poliyik yang mana juga bertepatan pada tahun 2024 akan diselenggarakan pemilihan umum tentu kami percaya akan komitmen Bapak Kapolres Manggarai beserta jajaran untuk menjaga keamanan dan mensukseskan pemilihan umum tersebut. 

3.  Situasi Kamtibmas di Kabupaten Manggarai tergolong sangat rawan dan salah satunya dalam bidang politik untuk itu semoga ada kerjasama yang baik kedepan antara masyarakat' semua elemen dengan Kepolisian. 

Menanggapi penyampaian tersebut Kapolres Manggarai memberikan tanggapan sebagai berikut :

1. Terima kasih atas masukan dan saran Bapak dan Ibu, pada kesempatan ini saya ingin menitip diri dan mengharapkan dukungan serta doa agar kedepan terutama pada saat kegiatan pemilihan umum dapat berlangsung dengan aman sesuai harapan kita semua. 

2. Sesuai dengan komitmen Polri untuk mendukung pemerintahan daerah dalam penegakan hukum, dan mengenai permasalahan saat ini secara umum adalah trend permasalahan tanah yang mana pihak yang berselisih adalah masih satu keluarga untuk itu diharapkan untuk tidak mengedepankan ego masing - masing sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan baik, Polri saat ini mengedepankan penyelesaian melalui Restorativ Justice yakni penyelesaian dengan musyawarah sehingga tidak ada yg merasa menang atau kalah melainkan menjadikan solusi untuk kebaikan bersama. 

3. Mengenai kerawanan kamtibmas, sebelumnya kami telah membuat indeks potensi kerawanan Pemilu di tiap daerah dan Kami berharap Bapak dan ibu dapat menyampaikan seruan untuk menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah masing-masing serta kami yakin  masyarakat Kabupaten Manggarai memiliki toleransi tinggi.  Kami berharap semoga niat Bapak dan ibu dapat terlaksana dan lancar dalam pengurusan untuk menjadi bakal calon DPRD Kabupaten Manggarai yang nantinya apabila sudah terpilih menjadi anggota DPRD diharapkan bisa bekerjasama dengan Polri. 

4. Kepada bpk ibu yang menjadi caleg dari Dapil Satarmese, kami menitipkan agar bisa menyampaikan kepada seluruh warga yang ada di wilayah Dapilnya untuk mendukung Proyek Strategis Nasional Geothermal dengan memberikan pemahaman yang positif dan mendukung proyek tersebut, dan Polri secara institusi mendukung semua Proyek Nasional yang telah diagendakan pemerintah.