Jatanras Polres Manggarai Amankan Pelaku Human Trafficking

Jatanras Polres Manggarai Amankan Pelaku Human Trafficking

TRIBRATANEWSMANGGARAI.COM- Pada hari Jumat tanggal 17 September 2021 pukul 13.00 Wita unit Jatanras Polres Manggarai berhasil mengamankan para pelaku Human Trafficking sebanyak 3(tiga) orang bersama calon tenaga kerja AKAD di depan warung padang, samping Kantor BRI Cabang Ruteng Kelurahan Mbaumuku Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai .

Penangkapan berawal saat Unit Jatanras mendapat informasi kalau ada perekrutan tenaga kerja tanpa di lengkapi dengan dokumen yang sah pada hari Jumat tanggal 17 sepetember 2021 pukul 12.30 Wita, yang sedang dalam perjalanan dari terminal Carep ke pangkalan travel Labuan Bajo dengan menggunakan sebuah mobil mikrolet jurusan Carep - Ruteng kemudian unit Jatanras melakukan penyelidikan dan mengamankan para pelaku juga korban.

Pelaku berinisial M merekrut 3(tiga) orang calon tenaga kerja AKAD dengan cara menjanjikan akan mempekerjakan para calon tenaga kerja sebagai karyawan toko di Jakarta dengan gaji senilai Rp.1.500.000- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan. Di TKP lainnya pelaku N dan SH merekrut 1(satu) orang di rumah korban di kampung Jong kowe, Desa Satar Punda Barat, Kec. Lamba Leda, Kab.Manggarai Timur untuk dijadikan calon tenaga kerja AKAD sebagai tukang cuci mobil. 

Rencananya keempat calon Tenaga Kerja AKAD ini akan diberangkatkan ke Labuan Bajo dengan menggunakan transportasi darat, di Labuan Bajo keempat calon tenaga kerja  ini akan di jemput oleh laki- laki berinisial B, yang selanjutnya direncanakan akan diberangkatkan ke Jakarta keesokan harinya pada Hari Sabtu 18 September 2021, dengan Kapal Laut. 

Saat ini para pelaku Human Trafficking dan para korbannya telah diamankan dan di serahkan ke unit PPA untuk proses penyidikan lebih lanjut . (VRJ)