Jaga Situasi Kamtibmas, Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis di Kota Ruteng

Jaga Situasi Kamtibmas, Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis di Kota Ruteng
Jaga Situasi Kamtibmas, Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai - Dalam upaya menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif, pada hari ini, Senin, 09 September 2024 pukul 09.00 WITA, anggota Sat Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis dan sambang di Kota Ruteng. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan himbauan serta melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang kawasan Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Patroli ini menyasar masyarakat yang sedang berkumpul di berbagai titik kota, termasuk di depan toko/kios, jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, serta para penumpang di beberapa tempat strategis, juga arus lalu lintas.

Dalam pelaksanaannya, petugas patroli berinteraksi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, seperti tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang. Mereka dihimbau untuk memindahkan aktivitas ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Petugas juga memberikan himbauan terkait Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) guna mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas dan kemacetan lalu lintas, terutama dalam menghadapi pesta demokrasi dan Pilpres mendatang.

Selain itu, patroli juga bertujuan untuk mencari informasi di lingkungan pasar mengenai hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan.

Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas. Kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat juga diharapkan dapat mencegah terjadinya kriminalitas, gangguan Kamtibmas, serta memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat. Lebih lanjut, patroli ini juga berfungsi untuk menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat guna memperoleh informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan ini dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta, dengan kekuatan personel sebanyak enam orang yang dipimpin oleh Kanit I Dalmas Samapta, Aipda Kadek Suarsana.

Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas berjalan dengan tertib dan lancar.(MBA)