Gencar Sosialisasi TPPO. Bhabinkamtibmas Langke Rembong Lakukan Patroli Dialogis

Gencar Sosialisasi TPPO. Bhabinkamtibmas Langke Rembong Lakukan Patroli Dialogis

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 29 Agustus 2023 - Pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, petugas Bhabinkamtibmas di Kecamatan Langke Rembong kembali melaksanakan patroli di sekitar wilayah RT 020 RW 005, yang terletak di Kampung Redong Kelurahan Wali. Dalam patroli tersebut, petugas menyambangi warga masyarakat, salah satunya adalah Bapak Benediktus Jemalu, untuk memberikan himbauan dan informasi penting.

Salah satu perhatian utama dalam kegiatan patroli kali ini adalah maraknya tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Petugas Bhabinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap tawaran pekerjaan di luar negeri yang datang dari orang tidak dikenal. Banyak kasus TPPO yang terjadi dengan modus menawarkan pekerjaan dengan gaji menggiurkan namun dilakukan secara ilegal. Petugas mengajak masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada tawaran serupa yang mencurigakan.

Di samping permasalahan TPPO, petugas Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan terkait kelestarian lingkungan. Masyarakat diingatkan untuk tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan, terutama saat beraktivitas di perkebunan. Dampak dari pembakaran hutan ini sangat serius, dimana hutan menjadi gundul dan tidak mampu menampung cadangan air saat musim hujan tiba. Hal ini dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor yang membahayakan masyarakat sekitar.

Bapak Benediktus Jemalu, salah satu warga yang disambangi oleh petugas Bhabinkamtibmas, menyampaikan rasa terima kasih atas himbauan yang telah diberikan. Ia berjanji untuk menginformasikan kepada petugas jika ada hal-hal yang mengganggu kamtibmas di wilayahnya. Ia juga mengungkapkan bahwa keluarganya tidak akan terlibat dalam pekerjaan di luar negeri atau menjadi korban TPPO berkat pemahaman yang diterima dari petugas.

Kondisi kamtibmas di Kelurahan Wali diharapkan tetap kondusif berkat upaya yang dilakukan oleh petugas Bhabinkamtibmas. Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama serta mencegah terjadinya kejahatan dan bencana lingkungan yang dapat merugikan banyak pihak.(MBA)