Cegah Kerawanan Terkait Permasalahan Tanah, Bripka Theodorus Angkat Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai

Cegah Kerawanan Terkait Permasalahan Tanah, Bripka Theodorus Angkat Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese - Pada hari ini, Senin, 01 Juli 2024 pukul 09.00 WITA, bertempat di Golo, Desa Satar Loung, Kecamatan Satar Mese, Bhabinkamtibmas bersama tiga orang Bhabinsa dari Koramil 07- Iteng melaksanakan pengamanan pembagian tanah oleh tiga suku, yaitu:

  1. Suku Lale Lombong
  2. Suku Teruk Tando
  3. Suku Wajang

Luas tanah yang akan dibagikan kurang lebih 4 hektar, dibagikan kepada warga dari ketiga suku tersebut.

Pembagian tanah oleh tiga suku ini diawali dengan hibah tanah kepada pihak Gereja Stasi Golomuntas oleh Suku Rua Desa Golo Muntas. Penyerahan tanah ke gereja ini dilakukan tanpa persetujuan dari tiga suku yang merasa memiliki kuasa atas tanah Ponggilis.

Ketiga suku yang terdiri dari suku Lale Lombong, Teruk Tando, dan Wajang mengambil sikap dengan membagikan tanah seluas 4 hektar kepada seluruh warga dari ketiga suku tersebut. Pembagian tanah oleh ketiga suku ini dilakukan karena mereka merasa tersinggung dan tidak dihargai oleh Suku Rua yang secara sepihak tanpa musyawarah merencanakan hibah tanah kepada pihak gereja.

Menurut beberapa tokoh dari salah satu suku, An. Marianus Amput, mereka tidak keberatan untuk menghibahkan tanah kepada pihak gereja, namun harus disepakati terlebih dahulu oleh ketiga suku tersebut.

Saat ini, warga masih melakukan pembersihan lahan untuk mempermudah pembagian oleh tua adat yang sudah ditentukan.

Bhabinkamtibmas menghimbau kepada warga untuk tetap menjaga situasi dan tidak melakukan tindakan di luar ketentuan. Bhabinkamtibmas mengajak seluruh warga untuk mengedepankan musyawarah dan mufakat.(MBA)