BRIPKA Matheus Maju, Bhabinkamtibmas Langke Rembong, Memediasi Perselisihan Keluarga di Kampung Tuke

BRIPKA Matheus Maju, Bhabinkamtibmas Langke Rembong, Memediasi Perselisihan Keluarga di Kampung Tuke
BRIPKA Matheus Maju, Bhabinkamtibmas Langke Rembong, Memediasi Perselisihan Keluarga di Kampung Tuke

Tribratanewsmanggarai.com-

Hari Rabu, 01 Mei 2024 - Pukul 10.00 WITA, BRIPKA Matheus Maju, seorang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, melakukan mediasi di rumah Bapak Marselius Badur. Mediasi tersebut dilakukan atas permintaan Bapak Maksimus Pampo, Ketua RT001/RW001 kampung Tuke, Kelurahan Compang Tuke, Kecamatan Langke Rembong.

Persoalan yang dimediasi adalah antara Bapak Marselius Badur dengan saudaranya sendiri, yaitu Saudara Hubertus Darus.

Kronologi kejadian bermula pada dini hari sekitar pukul 01.30 WITA, saat Saudara Hubertus Darus sedang duduk di depan kios mengkonsumsi alkohol. Bapak Marselius Badur, sebagai kakak sulungnya, menegurnya untuk berhenti dan kembali ke rumah. Namun, teguran itu tidak diterima dengan baik oleh Hubertus Darus, sehingga terjadi cekcok yang berujung pada dorongan fisik dan jatuhnya Marselius Badur.

Melalui laporan ke SPKT, Marselius Badur melaporkan kejadian tersebut, yang kemudian direspon dengan cepat oleh petugas piket SPKT pada pukul 02.00 WITA. Mereka tiba di tempat kejadian dan mengamankan Hubertus Darus untuk melakukan mediasi.

Hasil dari mediasi tersebut adalah permintaan maaf dari Hubertus Darus atas perilakunya yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Marselius Badur, sebagai kakak sulung, memaafkannya. Selain itu, diketahui bahwa Hubertus Darus memiliki gangguan pendengaran yang membuatnya mudah tersinggung saat teguran.

Matheus Maju dan Ketua RT setempat menghimbau kepada Hubertus Darus dan keluarganya untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan, terutama mengingat kondisi kesehatannya yang tidak stabil. Mereka juga menekankan bahwa konsumsi alkohol berlebihan dapat merugikan diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.(MBA)