Bripka M. Alif Jafrin Bhabinkamtibmas Sambangi Warga di Kelurahan Pau

Bripka M. Alif Jafrin Bhabinkamtibmas Sambangi Warga di Kelurahan Pau

Tribratanewsmanggarai.com- Langke Rembong, 23 Oktober 2023 - Bripka M. Alif Jafrin, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, melakukan kunjungan ke warga masyarakat, khususnya anak kost yang tinggal di RT 08 Kelurahan Pau pada Senin, 23 Oktober 2023. Bersama Lurah Pau, petugas ini menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan menghimbau agar masyarakat dapat menjadi POLMAS (Pemolisian Masyarakat) dengan menjaga keamanan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Mereka juga mengingatkan agar warga segera melaporkan hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas kepada petugas yang berwajib.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka M. Alif Jafrin menyampaikan beberapa poin penting:

  1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait Atensi Khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), yang marak terjadi di wilayah NTT. Masyarakat diingatkan untuk berhati-hati terhadap Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri, serta Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yang ingin bekerja di luar negeri. Bripka M. Alif Jafrin mendorong warga untuk segera melaporkan atau menginformasikan kepada pihak berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas apabila menemui tindakan yang mencurigakan.

  2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas juga mengingatkan warga yang memiliki Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka. Selain itu, penting untuk memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada hewan peliharaan agar dapat mencegah penularan rabies, yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

  3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat saat ini sedang memasuki musim kemarau dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim tanam, Bripka M. Alif Jafrin mengingatkan warga tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Ia menghimbau agar warga tidak menggunakan sistem pembakaran saat mengolah lahan pertanian, yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan, serta membahayakan lingkungan sekitar.

Dengan kunjungan dan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada terhadap berbagai potensi masalah yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan di lingkungan mereka serta bekerja sama dengan pihak berwajib dalam upaya menjaga keamanan bersama.