BRIPKA DANCE LEDJAP: Kapospol Satar Mese Barat Melaksanakan Patroli dan Sosialisasi terkait TPPO, HPR dan Karhutla

BRIPKA DANCE LEDJAP: Kapospol Satar Mese Barat Melaksanakan Patroli dan Sosialisasi terkait TPPO, HPR dan Karhutla

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese Barat, 03 Oktober 2023 - Hari Selasa ini, BRIPKA Dance Ledjap, yang menjabat sebagai Kapospol (Kepala Pos Polisi) di wilayah Kecamatan Satar Mese Barat, melaporkan sejumlah kegiatan penting yang telah dilaksanakannya dalam rangka menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) serta memberikan sosialisasi kepada warga.

Dalam pelaksanaan patroli dan sambang ke pemukiman warga di wilayahnya, BRIPKA Dance Ledjap memberikan himbauan kamtibmas yang sangat relevan dan berpotensi menjaga keamanan masyarakat. Berikut rangkuman kegiatan yang dilaporkan:

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Salah satu poin utama dari kegiatan tersebut adalah sosialisasi tentang pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). BRIPKA Dance Ledjap dan timnya berbicara dengan beberapa warga di lingkungan Nggiring Gong dan menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan atau korban TPPO di luar daerah atau luar negeri. Namun, Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada warga bahwa jika ada yang ingin merekrut mereka untuk bekerja di luar daerah atau negeri, segera melaporkannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat. Langkah ini bertujuan untuk mencegah praktik perdagangan orang yang merugikan.

Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

BRIPKA Dance Ledjap juga memberikan sosialisasi tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) kepada warga Nggiring Ngong yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Warga diingatkan untuk menjaga hewan peliharaan mereka dengan memasang kandang atau mengikatnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan rabies yang dapat membahayakan kesehatan warga dan hewan peliharaan mereka.

Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Dalam menghadapi musim kemarau atau musim kering, BRIPKA Dance Ledjap memberikan sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Warga diminta untuk berhati-hati saat membersihkan lahan pertanian atau kebun agar tidak membakar sampah, karena dapat menyebabkan kebakaran hutan yang berdampak pada kerusakan ekosistem hutan. Ini adalah langkah penting dalam menjaga lingkungan alam sekitar.

Sosialisasi Pencegahan Pencurian Kendaraan Bermotor

Terakhir, BRIPKA Dance Ledjap memberikan sosialisasi tentang pencegahan pencurian kendaraan bermotor. Warga diingatkan untuk memastikan sepeda motor mereka dalam posisi yang aman dan terkunci dengan baik. Selain itu, mereka juga diberi nasihat agar tidak membeli sepeda motor yang tidak memiliki dokumen lengkap karena kasus pencurian motor semakin meningkat.

Semua kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah berbagai potensi ancaman. Kapospol Satar Mese Barat, BRIPKA Dance Ledjap, berharap agar warga dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan wilayah mereka dan mencegah potensi masalah yang dapat terjadi.(MBA)