Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese Utara Himbau Warga di Desa Cireng terkait TPPO dan Harkamtibmas Jelang Pemilu

Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese Utara Himbau Warga di Desa Cireng terkait TPPO dan Harkamtibmas Jelang Pemilu

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese Utara, 14 November 2023 - Pada hari Selasa, 14 November 2023, pukul 09.00 Wita, Aipda Timoteus L.Agho, Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese Utara, melaksanakan kegiatan sambang warga dan memberikan himbauan terkait dengan Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (TPPO), Karhutla, dan bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) di Desa Cireng Kecamatan Satar Mese Utara.

Dalam sambang warga tersebut, Aipda Timoteus L.Agho menyampaikan beberapa pesan kamtibmas kepada masyarakat:

1. Sosialisasi Pencegahan TPPO: Bhabinkamtibmas menghimbau warga agar tidak tergiur dengan ajakan oknum pencari tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming upah yang besar. Apabila menemukan atau menjumpai oknum perekrut tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri, diharapkan warga dapat memberikan informasi kepada petugas Bhabinkamtibmas atau aparat desa setempat.

2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Aipda Timoteus L.Agho mengajak dan menghimbau kepada warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk wajib mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka. Hal ini bertujuan untuk mencegah gigitan yang dapat menularkan virus rabies kepada manusia. Jika memiliki binatang peliharaan seperti tersebut, diimbau agar segera melaporkan kepada petugas kesehatan hewan untuk mendapatkan vaksinasi pencegahan rabies.

3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau warga untuk tidak melakukan pembersihan lahan perkebunan dengan cara dibakar. Upaya ini bertujuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

4. Penggalangan Kamtibmas Menjelang Pemilu: Aipda Timoteus L.Agho mengajak warga untuk melaksanakan pemilu secara damai guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif. Warga juga diminta agar tidak terprovokasi oleh pihak yang sengaja mengganggu situasi kamtibmas di wilayah desa atau tempat tinggal.

Pihak Bhabinkamtibmas berharap agar pesan-pesan kamtibmas ini dapat diimplementasikan oleh masyarakat demi terciptanya lingkungan yang aman, tertib, dan kondusif.(MBA)